Complicated Story

by 21.00 0 komentar
Well... akhirnya gue nulis lagi, setelah beberapa bulan blog ngga keurus, bagaimana dengan pembaca setiaku? *uhuk*

semoga kalian juga nunggu gue ngepost lagi selama ini, karena... kalian buat gue merasa berarti. *asik*
Baiklah, gue akan menjabarkan kenapa selama ini gue ngga nulis, pertama, gue males. Udah itu aja.
Banyak hal sih selain males, mulai dari kuliah, lelah, dan... ngga punya ide buat nulis. Seperti beberapa tulisan gue yang udah gue post semuanya punya alasan kenapa gue nulis cerita-cerita itu, mulai dari gue merasa kesepian, sedih, seneng, hmmm begitulah... berbeda dengan kali ini, kali ini gue menulis cerita ini karena gue Rindu. Ya, Rindu...

Gue ditinggal Ecy.


Bukan! Bukan, kami ngga putus. Pasti ada yang suuzon nih, ya gue ngertilah, jomblo emang sering gitu. Jadi, gue ditinggal ecy beberapa hari karena dia harus ke Jakarta karena ada acara keluarganya. Dia berangkat kamis lalu tanggal 1 Mei, karena ditinggal sang kesayangan beberapa hari, jadi gue berniat berbagi rindu ini sama kalian, jangan suuzon dulu! Hehe... gue pengen dunia tau, gue lagi Rindu dia.

Karena perasaan inilah gue jadi bersemangat lagi tuk nulis cerita yang udah gue lalui selama ini, banyak hal yang akan gue bagi disini... salah satunya. Gue udah setahun sama Ecyyyy!!! Ini beneran wow buat gue, karena untuk pertama kalinya gue bisa melewati satu tahun dengan orang yang gue sayang, melewati semua masalah sama-sama, dan ngga berakhir dengan kata-kata... “kayanya kita ngga cocok lagi” ataupun “kita memang lebih baik temenan” atau juga “mungkin, kita bisa hidup bahagia walaupun ngga sama-sama”.
Well... seringnya yang bilang gitu di ending sih, si cewek. Ya begitulah maklum gue udah sering di gituin. *uhuk*

Tapi, ya walaupun kami udah setahun... saat hari itu datang, kenyataannya ngga seperti yang gue bayangkan.
**********

semua tak lagi seindah masa PDKT

Jauh-jauh hari gue udah mulai mikirin apa yang mau gue kasi tuk Ecy nanti pas kami setahunan, semua ide yang keluar ngga begitu menarik menurut gue, gue udah tanya saran teman-teman gue, ya beberapa saran terlalu mainstream, mulai dari ngasi kue yang ada tulisan Anniv-nya dan semua ide mainstream lainnya... gue mau yang beda! Tapi pada kenyataannya... sampai H-1 dari tanggal setahunan hubungan kami. Gue belum melakukan apa-apa...

Sebelumnya gue berniat tuk nulis cerita yang nantinya bakalan gue post di tanggal itu, tapi apa mau dikata, mood dan ide gue ngga keluar, hanya beberapa ide yang nyangkut di notes gue. Selebihnya gue masih harus menerawang untuk nulis apa, mungkin ini penyakit hubungan yang udah lama, “semua tak lagi seindah masa PDKT”. Sebenarnya gue ngga setuju dengan statement itu, semua jadinya begini juga karena salah guenya yang udah menganggap semuanya baik-baik aja. Lagi pula Ecy juga ngga meminta banyak ke gue.

Kami jalani hubungan ini selama setahun ngga kaya “pacaran” couple-couple pada umumnya, bahkan Ecy sendiri bilang jika ada yang nanya gue itu siapanya dia, dia ngga sebut gue pacarnya, karena ya hubungan yang kami jalani menurut kami ngga kaya orang pacaran. Yang seperti, yang kami tau, pacaran kan Cuma SMSan, ya kalo sekarang udah lebih canggih, kita sebut saja Bunga, eh bukan bukan... kita sebut saja chatting, ntah itu Nge-LINE, BBM-an, yang seringnya memulai percakapan dengan “kamu lagi apa?” dilanjutkan dengan “sayang udah makan?” kemudian diakhiri dengan ucapan ”selamat tidur sayang bla bla bla bla” ya itu kalo ngga telponan. Kemudian keesokan harinya? Ya Repeat. Tentu dengan tambahan bumbu-bumbu pacaran yang lain, jalan-jalan, foto-foto dll.

Ya sih, kami juga ngelakuin itu... tapi bukan dengan pola itu. Mindset kami berdua udah menganggap pacaran itu cuma mengulang-ulang hal diatas sampe bosan, terus berantem, terus putus. Senengnya bentar doang... kami ingin hubungan yang isinya cuma seneng. Ya tentulah ada juga berantemnya, mungkin  kami lebih menganggap hubungan ini hubungan yang udah dewasa. Ngga ada lagi insecure, posesif, cemburuan dan semua penyakit hubungan lainnya. Ya, kami udah lelah dengan hubungan seperti itu, kami cuma terikat dengan komitmen “aku tetap sama kamu apapun nanti keadaannya.” Keadaan kamipun udah seperti teman yang sangat dekat. Hubungan yang kami jalani terus stabil... sesekali konflik dan sesaat kemudian kembali stabil, namun... ya, karena faktor kebiasaan, kami berdua udah terlalu nyaman dengan sikap yang biasa-biasa aja satu sama lain, ngga lagi menggebu-gebu kaya awal-awal jadian. Ya hubungannya ngga ada masalah, namun inilah masalah yang sebenarnya.
Rumit ya?
**********

Happy Anniversary!

Gue telat ngucapin selamat Anniv tuk Ecy hari itu... karena gue kepikiran Ecy pernah bilang, “ngga usah di tunggu kita Anniv, Ecy cuma mau jalani aja, ngga usah mikirin waktu.” Begitulah kira-kira ucapan Ecy. Ntah gue yang ngga paham, ntah gue yang ngga peka kalo itu kode. Hingga ya... pas satu tahunan, ya biasa aja di hadapan dianya. Tapi, dalam hati gue bener-bener nunggu hari itu.

Malamnya kami telponan, dan setelah ngobrol beberapa lama, pelan-pelan semuanya keluar, Ecy ngeluh gue ngga ucapin Anniv duluan, harus Ecynya pancing dulu, tolol ya gue? -__-
karena gue anggapnya gue jadian sama Ecy kan tanggal 12 Februari jam 3 sore, bukan pas tengah malamnya, ya gitu... missunderstanding. Sedangkan Ecynya berharap gue ucapin tepat saat tanggal berganti. 

Ya... namun guenya kira Ecynya ngga mau hari itu diingat. *menghela nafas panjang*

Setelah situasi kesalahpahaman itu selesai, semuanya kembali seperti sedia kala. Saat setahunan, kami ngga ketemu, jadi gue tanya ke Ecy kapan bisa ketemu,  Ecy pun bilang ketemuan sabtu sore karena jadwal kuliah yang padat. Dan... gue iyakan ajakannya.

Hari yang ditunggu pun tiba, gue udah siap dan rapi tuk ketemuan, nunggu kabar dari Ecy. Dan ternyata, ngga sesuai rencana, Udah lewat 30 menit dari jadwal, Ecy masih ngga balas pesan gue, sampai setelah gue tunggu beberapa jam kemudian, baru dapat kabar Ecy jemput gue abis maghrib dan bilang bakal jelasin semuanya kenapa dia ngga sempat ngasi kabar nanti pas ketemu. Dan kalian tau? saat itu gue udah kebakar amarah, mood udah berantakan, rasanya ngga mau ketemu lagi, batalin aja.

Gue udah bilang ke Ecy tuk batalin aja ketemuannya, karena gue udah kesel mampus. Tapi Ecy terus bujuk gue tuk mau ketemuan malam itu. Gue luluh... gue iyakan. Tapi mood gue masih rusak.

Setelah maghrib, Ecypun ngabarin gue kalo dia udah on the way tuk jemput gue, well ya tiap kali jalan, memang Ecy yang jemput gue, karena faktor jarak, dan ya Ecynya sendiri yang seneng jemput gue  -___-
tiap kali gue bilang gue yang jemput, pasti dia bilang “biar Ecy aja yang jemput yaaa”

Dan Ecypun tiba, gue masih males... begitu masuk mobil ternyata Ecy bawa temennya, Puji.

Ecy berdalih sebelum jalan mau antar puji dulu, dan gue mengiyakan. Tapi gue merasa ada yang aneh, kami jalan udah jauh dan ngga nyampe-nyampe, gue tetap diam, mood makin rusak karena Ecy juga ngga menebus janjinya tuk jelasin semuanya kenapa tadi gue ngga dikabari apa-apa sampe gue nunggu berjam-jam.

Selama di perjalanan Ecy berkali-kali dapat telpon dari siapa gue juga ngga tau, sepanjang jalan gue ngga bicara, dan muka makin kecut. Kemudian mobil pun mulai masuk ke jalan yang gue taunya ini udah di Pantai Pulau Kapuk,

“ini ngapain lagi? Kesini malam-malam,” gue ngedumel dalam hati.

Gue mulai berani bicara, dan terus menyerang Ecy dengan pertanyaan “ngapain sih kesini?” dan pernyataan “nyesal ikut, kalo tau gini mending dirumah!” mood gue beneran Hancur.

Tapi dengan kalem Ecy ngejawab 
“nanti kamu tau sendiri ya...”

Makin kesel gue jadinya,

Ngga lama, mobilpun berhenti melaju, gue ngeliat sekitar gelap, cuma ada cahaya dari satu tenda gitu,
“antar puji kesini? Mungkin yang lagi rame-rame di tenda itu anak buah ayahnya,
ayahnya kan tentara” pikir gue

Dan keanehan mulai bertambah saat seorang cowok hamperin kami, dari perawakan dan suaranya gue kenal, ternyata Olek teman satu kampus Ecy.

“kok ada dia disini? Apalagi sih!” gue kembali ngomel dalam hati

Gue makin curiga ini ada apa...
Olek menjelaskan suatu masalah yang gue ngga ngerti apa, dan kemudian ninggalin kami menuju ke arah tenda tadi.

Mobil kembali melaju perlahan nyusul Olek, dan kemudian berhenti, Ecy dan Puji turun dari mobil, gue masih enggan, sampai Ecy ngebujuk gue tuk turun.

gue pun turun tanpa bilang apa-apa, namun Ecy malah sibuk ntah ngapain gue ngga tau sama olek, bahkan Olek sempat dimarahi Ecy, dan gue ngga tau kenapa.
Sesampai Ecy dekat ke gue, gue kembali bilang “ngapain sih kesini? Ngga jelas, nyesal tau ngga? Mending dirumah aja tadi”

Dan jawaban Ecy buat gue beneran menyesal udah bilang begitu.
“Kamu tau? ini Ecy buat Surprise buat kamu!”
Gue cuma diam. Apa yang udah gue lakukan? Kenapa ngga bisa sabaran sebentar lagi?
**********

Ternyata Ecy lari sana-sini untuk benerin kabel agar lampu tuk tempat kejutan yang udah Ecy persiapkan ini nyala. Dan ternyata useless... lampu ngga nyala dan Ecy putusin tuk pulang. Gue mendengar dari nada suaranya, Ecy kecewa.

Saat pulang, Olek yang nyetir... Ecy duduk di belakang bareng gue, keadaan sangat hening, ngga ada yang berani bicara duluan... dan Ecy, dia terus melihat keluar jendela mobil. Sama kaya gue tadi.
Pikiran gue berkecamuk, gue ngga tau harus bilang gimana lagi nyesalnya gue, gue merasa ngga punya hati udah buat kejutan tadi gagal. Yang sepertinya Ecy udah persiapkan jauh-jauh hari....

Gue coba memulai bicara, setelah pikiran berkecamuk dari tadi, hingga akhirnya cuma kata ini yang keluar dari mulut gue.
“sayang? Maaf...”

Ecy diam... dan kemudian dia mulai bicara.
“udah ngga apa, memang apa yang udah Ecy persiapkan itu sering begini akhirnya. Sering ngga di hargai” kata Ecy melihat gue seraya tersenyum.

Apa lagi yang bisa dikatakan oleh seorang lelaki setelah mendengar kata itu teman?
Ya. Gue cuma tertunduk menyesal...

Gue terus meminta maaf...
meskipun Ecy terus berkata ngga apa dan bicara ke gue seolah ngga terjadi apa-apa...
di tengah perjalanan, Ecy kembali melihat keluar jendela, well... gue melihat air mata itu mengalir dipipinya teman.

Gue cuma bisa... bisu.
**********

Singkat cerita, gue udah dirumah... dengan semua hal tadi masih terpikir oleh gue. Penyesalan gue semakin menjadi-jadi.

Gue menelpon Ecy, gue terus meminta maaf...  ya, cuma itu yang bisa gue lakukan.
dan jawaban Ecy masih sama,
“ngga apa ayang, udah biasa...”

Gue terus-terusan menghela nafas panjang tiap kali mendengar hal itu.

Gue pun memberanikan diri bertanya, bagaimana dia mempersiapkan semua hal itu...
Ecy pun mulai bercerita kenapa dia ngga sempat beri kabar ke gue sore tadi, ternyata Ecy masih mempersiapkan kejutan itu, hingga akhirnya terjadi pergeseran jadwal... Ecy terus bercerita semua persiapannya untuk malam ini. Untuk kejutan Anniversary kami, demi gue... karena dia merasa ngga pernah beri apa-apa tuk gue.

Semua perjelasan itu bener-bener buat gue merasa sangat ngga punya perasaan...
“kemal ngga minta apa-apa... kamu ngga perlu buat ini tuk kemal, kita habiskan waktu bareng malam ini aja udah lebih dari cukup...” ungkap gue.

“jadi? Ngga boleh jika Ecy buat ini? Kan Ecy buat juga tuk senengin kamu...” balasnya.

Dan guepun menjelaskan kenapa gue bilang ngga perlu buat surprise beginian tuk gue
“karena ini, karena kemal ngga mau kamu capek dan kecewa,
 jika kejutan yang kamu buat itu gagal, kaya tadi... kemal ngga mau kamu capek-capek untuk itu.”

Ecy terus menjawab dia lakukan ini bukan hanya tuk gue, namun juga tuk dirinya sendiri... bahwa di bisa lakukan kejutan yang luar biasa.

Kami terus beradu argumen karenanya. Hingga berakhir saling menyalahkan, dan Ecypun angkat bicara atas semua yang selama ini dia pendam...

Akhirnya semua unek-unek itu keluar setelah sekian lama ecy pendam.

Inilah kenapa, unek-unek itu ngga boleh di pendam, karena saat bertengkar... seringnya keluar sekalian. Ibarat  kertas yang penuh dengan tulisan, jika dilempar? Ngga sakit kan? Nah coba kertas tadi di kumpulin, jadi buku? Terus dilempar? Jelas. Sakit.

Makanya lebih baik unek-unek kalo ada, langsung di utarakan, bukannya diselatankan, apalagi dibaratkan. *apalah.*

Malam jadi makin alot, tapi tetap Ecy bersikap semuanya ngga kenapa-kenapa... hari udah berganti, kami masih sama-sama hening di ujung telepon. Sebelum telepon kami tutup, Ecy bilang besok dia ingin kembali ke tempat tadi untuk membersihkan semuanya. Dan gue minta ikut, rasa bersalah gue masih lalu-lalang... gue ingin menebusnya.

Ternyata Ecy mengijinkan, besok Ecy kembali jemput gue tuk kembali kesana.
**********

The lucky one

Pagi pun tiba, dan semalaman gue ngga bisa tidur, rasa sesal itu penuh sesak dalam pikiran gue. Setelah benar-benar siap untuk bangun, gue langsung melakukan aktifitas utama setelah bangun tidur seperti orang kebanyakan, ya... ambil Hape. Gue cek apa Ecy ada ngirim pesan ke gue, well ternyata ngga ada sama sekali...

Gue memberanikan diri chat Ecy,
“Pagi sayang, gimana jadi kita kesana kan?” sent.

Selang ngga berapa lama masuk balasan dari Ecy
“Pagi... jadi, tapi kayanya Ecy pergi sendiri aja” balasan Ecy kembali buat gue ngga tenang. Kok udah berubah lagi pikirannya?

Namun, setelah kembali gue bujuk untuk kesekian kalinya, Ecy mau gue temani kesana, selain ingin menebus semuanya gue juga penasaran apa yang Ecy persiapkan tuk gue. Akhir percakapan kami pagi itu, Ecy pun memutuskan untuk kembali kesana saat hari mulai sore.

Sorenya, gue kembali menghubungi Ecy, dan Ecy memberi kabar sebentar lagi on the way. Setelah menunggu beberapa saat, Ecypun nyampe dan kami langsung berangkat, sebelum tiba disana kami mampir ke rumah puji dulu untuk jemput Puji dan ternyata Puji mengajak seorang temennya, ya... ngga apalah, setelah semuanya lengkap kami langsung meluncur kesana.

Selama perjalanan, ngga banyak percakapan yang terjadi... ya, masih lumayan daripada semalam, namun keadaan masih dingin. Yang bicara cuma Ecy, puji dan temannya...
sementara gue? Nyetir sambil diam, ngga ada sepatah katapun yang berani gue keluarkan, takut salah ucap lagi.

Ngga lama, kamipun tiba di tempat. Gue melihat sekitar...

Kejutan yang dirangkainya, berada tepat di tengah kelilingan pohon pinus, hampir di setiap pohon ada hiasan yang berwarna putih, bola-bola benang mirip lampion tergantung di setiap rangting, beberapa pohon juga terhiasi lampu pijar bening diantara mereka, begitu juga bunga kertas yang sesekali bergoyang terkena hembusan angin sore itu, pita kertas melilit dua batang pohon,yang diantaranya ada layar putih berukuran sedang membentang, tepat di depan gue.

“layar ini untuk apa?” pikir gue di sela kekaguman akan hal yang terlukis di depan mata.

Puji membentangkan kain di tanah, dan mulai merapikan proyektor,
“oh... layar itu untuk ini.“ gumam gue

Ecy masih sibuk mengutip, bunga-bunga kertas yang beberapa sudah lepas dari ranting-ranting pinus. Masih banyak kekecewaan yang tersirat di wajahnya.

Gue masih dengan penyesalan.
“semua ini dia kerjakan tuk gue,..” gue hanya diam.

“Ecy, udah... nyalain terus dong,” suara Puji memecah keheningan gue.

“Kemal, sini duduk sama Ecy...” Puji mengisyaratkan gue tuk duduk bersama Ecy tepat menghadap ke layar itu.

Tanpa bicara gue duduk di samping Ecy,

Ecy mengeluarkan iPad dan speaker portable, kemudian menancapkan kabel HDMI ke proyektor, seketika... sebuah video pendek terlukis disana...

Video yang hanya berdurasi sekian menit itu menggambarkan semua apa yang udah kami jalani selama setahun ini, semua kilas balik itu berhasil membangunkan semua memori indah yang udah tidur beberapa saat... semua rekaman yang diproyeksikan itu mengingatkan gue pertama kali kami meninggalkan jejak bersama, serta semua suka duka yang menemani jelak-jelak itu, mulai dari gambaran jelas senyum terindahnya, hingga semua perdebatan yang tak jarang menjauhkan pandangan dan langkah kami, namun rindu selalu berhasil menyatukan genggaman tangan ini untuk kembali mengisi sela-sela jemari kami berdua, semua kembali terbayang di depan mata gue...  well, bukan hanya memori indah itu. Mata gue juga mengeluarkan sesuatu... gue terharu.

Dalam sekejap Otak dan Hati gue serasa mau terpisah dari tempatnya. Semua penyesalan itu muncul berkali lipat besarnya, berbanding lurus dengan semua perasaan senang, sedih, terharu... bahagia.

Gue pernah mempersiapkan suatu hal, sama... sebuah kejuan yang gue kerjakan dengan tangan gue sendiri... dan itu hanya hal kecil, lelah yang dihasilkan ngga sebanding. Dan... kejutan itu ngga sesuai dengan pengharapan gue saat gue menunjukkannya... Kecewa itu mendominasi teman.

Ngga kebayang, dengan semua yang udah Ecy persiapkan, gue bakar semua hanya karena amarah.

Gue merasa sangat ngga punya hati.
“semua ini berapa hari kamu persiapkan?” gue memberanikan diri bicara ke Ecy.

“kamu ngga perlu tau...” jawab Ecy sambil sedikit tersenyum.

“Bagus kali loh, maaf... kemal malah buat rusak”

“ngga ada yang rusak,
ngga ada yang gagal,
 semuanya berhasil kok,
walaupun ngga seperti harapan Ecy.” Jawabnya.

Gue hening.

“bagi Ecy ini bukan untuk kamu,
Ecy cuma pengen apa yang ada di ide Ecy, itu Ecy realisasikan,
Ecy mau buktiin Ecy bisa juga buat yang seperti ini.” Jawab Ecy kembali memecah keheningan gue.

“makasih ya sayang, semuanya luar biasa...
kemal ngga tau harus bicara apa selain minta maaf.” Jawab gue pelan.

Semua hening, Puji dan temannya juga senyap...

Ecy menjawab pernyataan gue dengan senyum yang dia paksakan... bukan senyum terpaksa... melainkan senyum yang sering iya keluarkan saat iya menyetujui sesuatu saat lagi ngga mood.

“akhirnya... kayanya Ecy mulai baik lagi perasaannya” gumam gue seraya menghembuskan nafas panjang.

Ecy mulai bercanda lagi, dan meminta Puji untuk mengabadikan gambar kami berdua.
Banyak hal indah yang terabadikan,

Disela-sela gue dan Ecy bicara tentang semua yang barusan kami lihat, tiba-tiba terlintas di pikiran gue, akan hal yang pernah tersampaikan tuk Ecy jauh sebelum semesta meminta kami melukis hari bersama...
“sangat beruntung lelaki yang nanti bersama kamu”

Ternyata, Gue sendirilah lelaki itu teman.

Semesta memang punya cara yang ngga tertebak untuk buat kita sadar akan arti sesuatu... meskipun kita seringnya sadar melalui penyesalan, banyak hal lain... hal yang mungkin belum kita rasa, karena menurut gue semesta tau, kita belum sanggup untuk merasakannya.

Penyesalan aja udah epic banget sakitnya.
**********
  
Hanya sepanjang Galah...

Semua yang telah Ecy lakukan tuk gue, mengingatkan gue akan hal kecil yang paling sering kita lupakan.
Setiap orang punya seseorang yang menjadi alasan dibalik semua yang dia lakukan. Bermacam cara yang kita lakukan, Semua punya tujuan yang sama.

“Aku lakukan ini demi Dia.”

Dia itu bisa siapa saja, yang jelas Dia itu orang yang kita sayangi.
Gue yakin semua orang pernah melakukan itu, bahkan selalu, sepanjang umurnya.
Ibu kita.

Kasih  ibu...
Kepada beta...
Tak terhingga sepanjang masa...
Hanya memberi, tak harap kembali...
Bagai sang Surya, menyinari Dunia...

Lagu yang sudah kita hafal dari kecil itu sudah lebih dari cukup menggambarkan semua apa yang Ibu kita lakukan demi kita.

Kita satu-satunya alasannya untuk terus memberi, Cinta dan Kasih Sayangnya.

2 Mei lalu, Ibu gue Ulang Tahun...
Dan gue udah Hidup 20 tahun lebih dibawah kasih sayang beliau.
Apa yang udah gue beri tuk beliau? Ngga ada.

Apa yang udah beliau beri tuk gue sepanjang hidup ini? Sepertinya, bintang sealam semesta masih ngga cukup untuk mewakilkan banyaknya pemberian beliau tuk gue anak lelaki satu-satunya.

Gue belum berbakti apa-apa untuk beliau, malah makin gede, makin nyusahin... ntah berapa banyak air mata yang udah menetes dari mata itu karena gue.

Perempuan itu kuat ya, gue ngga yakin apa ada lelaki yang bisa menjadi sesempurna seorang Ibu.
Inilah kenapa semesta sangat meninggikan derajat seorang perempuan...
Terbayang ngga teman? Ayah yang udah ngga kenal lelah menafkahi keluarga seperti itu, Ibu masih 3 kali lebih tinggi kedudukannya dari pada seorang Ayah.

Ibu lebih tidak kenal lelah untuk merawat kita,

Dulu disaat malam... Ayah sudah terlelap,
namun Ibu masih terjaga duduk di sebelah kita, melihat kita yang masih mungil itu nyenyak tidurnya.
Ibu selalu siaga satu menjaga kita dari nyamuk nakal. Tak dibiarkannya seekor nyamukpun mendaratkan badannya di tubuh kita yang mungil itu...
Saat Ayah sudah berangkat mencari rezeki, Ibu yang belum tidur semalaman harus kembali menahan sabar merawat kita yang sering rewel, Beliau terus mempertaruhkan raga dan perasaanya merawat kita hingga dewasa...

Semua ini bukan karangan gue, ini adalah cerita yang Beliau kisahkan saat kemal kecil yang hanya masih bisa menangis... kepada kemal yang sudah menjadi pengganti peran Ayah saat Ayah tidak dirumah.

Pilu perasaan gue saat beliau menceritakan semuanya.
“sebanyak itu? Kemal belum bisa beri apa-apa sampai setua ini”

Bahkan gue masih malu untuk mengatakan  Sayang kepada beliau secara langsung.

Gue selalu hanya berani mengutarakan perasaan gue melalui pesan singkat untuk beliau.
Andai beliau membaca tulisan ini...

Bisa saja gue menunjukkan ini tuk beliau, tapi... gue ngga berani.

“Selamat Ulang Tahun Nyanyak...
peu meu’ah desya adek ngen nyanyak selama nyoe...
Adek sayang Nyanyak...”

Hanya itu yang bisa gue tulis saat gue mengucapkan Selamat ulang tahun untuk beliau....
Padahal perasaan gue,  lebih banyak dari kata-kata itu.

“Kasih ibu sepanjang jalan, kasih Anak sepanjang Galah”

**********

You can buy House with Money, but not Home.

Entah berapa kali rasanya gue pengen minggat dari rumah, perasaan ngga betah, bosan, males dengan rumah dan seisinya bukan hal yang jarang tuk gue, banyak hal yang menjadi alasan kenapa gue sering merasakan itu. Mulai dari masalah keluarga, berantem sama kakak dan semua masalah yang sering hinggap di rumah itu.

Kalian juga? Gue ngga sendirian.

Saat rasa-rasa itu udah ngga sanggup lagi gue tahan, gue pasti pergi dari rumah dengan banyak alasan, mulai dari buat tugas, nginap rumah temen dll, yap... alasannya satu. Gue lagi ngga betah dirumah. Sampai Ayah gue pernah bilang...

“kemal dirumah kaya ngekos ya?”

Well gue cuma diam dengan pertanyaan beliau, gue ngga menunjukkan secara langsung kenapa gue begitu. 

Gue bersikap seolah-olah gue ngga kenapa-kenapa.

Ya.. yang namanya sesuatu pasti ada bosannya. Sama kaya rasa ngga betah gue dirumah...

Begitu udah terlalu sering menikmati warna keemasaannya lampu jalan, gue rindu perasaan lega saat kaki ini melangkah masuk rumah, perasaan senang saat di perhatikan, walaupun hanya ditanyai
“udah pulang kuliah? Ada masuk lagi?”

Yang sering Ayah atau Nyanyak tanyain ke gue.
Begitu juga dengan suasana sumpeknya kamar gue, belum lagi kasurnya...

Andai gue bisa bawa kasur itu kemana-mana kalo berpergian. Bagi gue, mau kasur termahal yang didunia pun, kasur gue tetap yang paling nyaman meskipun, ada beberapa tempat yang pernya mulai kerasa... hahaha kasur tua.

Itu baru kasur kan teman?

Gue ngga tau apa kalian pernah berpikir tentang ini sebelumnya,
Sejauh atau selama apapun kita pergi... tetap rumah dan seisinya yang kita rindukan.
Sesakit atau serapuh apapun keadaan kita... tetap rumah dan seisinya yang kita butuhkan.

Cuma rumah tempat kita pulang,

Rumah ngga selamanya harus berbentuk bangunan megah dan perabotan mewah...
Setiap orang punya “Rumah” yang merupakan tempat ternyaman mereka.

Entah itu hanya gubuk kecil beratapkan daun rumbia sekalipun. Itu tetap rumah. Rumah yang dibangun dengan perasaan saling menjaga, menyayangi, dan merawat satu sama lain.

Tapi tuk gue, ada satu rumah lagi yang gue butuhkan saat gue merebahkan badan ini. Tentu, rumah ini selain Semesta yang merupakan rumah tempat gue kembali untuk berdoa... rumah ini adalah rumah lain yang juga semesta berikan tuk gue, ngga peduli seberapa jauh gue bersenang-senang dengan seisi semesta, tetap rumah ini tempat gue kembali, gue ingin dia juga ikut saat langkah kaki ini sudah berjalan begitu jauh menikmati Semesta,

Rumah yang punya pelukan yang hangat, rumah yang punya bahu ternyaman untuk bersandar...
Ya... rumah itu gue beri nama My Day.

Maaf teman jika tulisan ini membuat kalian yang sedang di perantauan menjadi semakin rindu untuk pulang...
**********

Ecy Ultah!?

Ultah Ecy tinggal hitungan hari... dan gue masih belum mempersiapkan apa-apa!

Bukan! Ini bukan karena penyakit hubungan yang udah terlalu lama, tapi ini karena faktor Ekonomi.

“Ecy ultah minggu depan...” suara gue memecah keheningan temen-temen gue.
“dan gue ngga punya uang untuk beli kue dan kado,
udah beberapa hari gue ngga di kasi uang sama emak...
emak lagi merajok.” Gue pun mengeluh.

“tangga berapa ultahnya?” tanya Bagong.

“tanggal 11...” jawab gue pilu

“jiah! Tinggal 10 hari lagi

berapa kumpul uang sehari? 10 ribu?
seratus paling dapat! Cukup tuh?”

Gue hanya meghela nafas panjang...

Keesokan harinya, pas lagi ngopi...

”mal! Liat tuh” si kikir khairil bersuara secara ngga santai

“hah?” gue bingung,

kemudian diapun menunjuk ke arah tembok warkop, dan ternyata disana ada Tokek!
“bisa tuh mal kita tangkap, terus jual buat modal kasi surprise tuk Ecy” si kikir kembali angkat bicara
“oh iya juga ya, sebesar itu dapat juga 2 jutaan.” Gue mulai ikut gilanya si kikir.

Temen yang lain pada ketawa liat tingkah kami yang udah ngga pada jalannya. Demi buat surprise untuk yang tersayang. Kepikiran tangkap tokek untuk di jual. -___-

Hari demi hari berlalu, gue udah mengumpulkan sedikit demi sedikit uang buat kejutan untuk yang tersayang, yang tiap hari gue simpan di bawah lemari baju biar ngga mudah kepake, maklum orang ngga tau teknologi...
Dan... H-2, H-1... gue masih buntu mau beri apa tuk Ecy di Hari ulang tahunnya nanti.

5 hari setelah Ecy pulang dari Jakarta, ada Project yang menunggu, dan hari itu adalah H-1 dari hari ulang tahunnya, yap! Gue semakin gusar.

Gue dan beberapa teman Ecy lainnya termasuk puji, dan olek, dapat project tuk buat Konsep ngerayain Ulang Tahunnya pacarnya temen Ecy, yang biasa dipanggil Meri. Jadi si Meri ini kasi tugas ke kami tuk buat konsep acara yang romantis untuk ngerayain ulang tahun pacarnya, berdua aja gitu...

Dan udah jauh-jauh hari Ecy dan Puji mengeluarkan semua ke kreatifitas mereka demi terlaksananya project itu. Gue menawarkan diri tuk ikut ambil andil dalam project ini karena mau bantu Ecy dan Puji.
Ecy dapat tawaran buat project yang beginian karena orang-orang pada ngeliat apa yang udah Ecy buat tuk gue saat Anniversary kami yang pertama.

Singkat cerita, kami semua udah bergegas tuk menuju TKP project surprise, hari itu di sekitaran kota begitu cerah, matahari seakan senyum terus ke kami yang penuh keringat ini. Setelah lengkap dengan semua perlengkapan, kami semua langsung tancap gas penuh supaya nyampenya tepat waktu, soalnya ada sedikit keterlambatan jadwal berangkat

Dan ternyata, matahari senyumnya cuma di sekitaran kota doang, ditengah jalan menuju TKP kami diguyur hujan yang ngga santai, tetesannya sebesar biji jagung. Karena faktor hujan, Ecy si perut karet mulai lapar.

Gue pun menepikan mobil di depan Indomaret. Ecypun berbelanja segala keperluan perut kami dan beberapa keperluan lain tuk kelancaran surprisenya, hujan masih belum berhenti, yang ada semakin deras, semakin deras dan semakin deras, kemudian... tidur.

Gue pun menyarankan Ecy dan puji tuk kembali masuk mobil, Olek dan satu temannya masih belum kelihatan batang bempernya, mereka sepertinya ketinggalan lumayan jauh.

Ditengah perjalanan, hujan mulai perlahan reda, dari kejauhanpun udah ngga ada lagi awan hitam yang terlihat. Ini pertanda baik.

“Pujiiii lihat tuh haaaa” teriak ecy kegirangan, sambil menunjuk jauh kedepan yang mulai terlihat cahaya matahari.

“haaa tuh kan udah ada matahariiii, ngga hujan disiniiii” sambungnya, masih kegirangan.
“kemal bakal tulis kejadian kita ini” sela gue di antara kegirangan Ecy
“kamu tulis apa lagi? Ada Ecynya? Janganlah, Ecy malu...” jawabnya.
“iya, yang jelek-jelek kemal tulis nanti hayooo” gue coba buat Ecy makin risau
“ee jangan laaaa ayang, malu Ecy” jawaban Ecy makin buat gue gemes.
“ya ngga lah, kaya biasa, kemal tulis cerita yang udah kemal lalui,
Puji juga ada dalam tulisan kali ini kok” jawab gue pelan
“ada Puji juga? Kok Puji ngga tau?” Puji mulai bersuara
“ya iya lah, Puji ngga tau, kan kemal yang tulis...”

Setelah beberapa saat, kami pun tiba, Olek dan temannya juga udah nyusul mobil kami,
kami tiba disana sekitaran jam 4 sore, satu jam lewat dari jadwal yang udah Ecy tentukan sebelumnya, baiklah kami ngga punya banyak waktu. Meja, kursi, dan semua barang udah kami bawa ke TKP.

TKPnya berada di atas bukit, yang dimana kita bisa melihat laut lepas dari sana. Ada beberapa pohon yang mulai kering dan rapuh menghiasi bukit itu, ada beberapa anak-anak juga yang sedang asik sama layangannya, gue ngga pernah tau ada tempat beginian, padahal sering gue melintasi tempat ini, tapi kehadiran bukit ini sama sekali gue ngga tau, ntah gimana Ecy dan Puji tau tempat ini...

Ecy dan Puji sibuk membereskan meja dengan segala pernak pernik hiasannya, begitu juga gue, olek dan temannya. Semua pada beresin tempat itu...

Setelahnya gue pun install tripod untuk ntar taruh kamera gue demi angle foto yang awesome.
dan benar, kali ini mata dan apa yang lensa lihat sama. Tempat ini beneran Awesome!

Ngga lama, orang yang dimaksudpun tiba...

Meri dan pacarnya udah nyampe, mereka berduapun mulai mendaki bukit, menuju ke tempat kami.
lagu Ulang tahunpun menyambut kedatangan mereka, keduanya seakan ngga berkedip ngeliat apa yang udah kami persiapkan tuk mereka.

Well... pasangan ini terlihat malu-malu, sepertinya mereka lagi mabuk rasa bahagia. Si Cewek udah kelewat senang karena semuanya ternyata lebih dari yang dia harapkan. Dan si cowoknya... gue yakin, dia ngerasain apa yang sebelumnya udah gue rasain duluan. Speechless...

Dan gue? Hati gue pilu teman... 

gue ngga bisa kasi kejutan yang romantis begini tuk hari ulang tahun Ecy besok...
lelaki macam apa aku ini...

Singkat cerita, sepasang kekasih itu masih mabuk rasa bahagia, ngga ada sepersekian detikpun senyuman yang hilang dari mereka...

Well, melihat orang bahagia itu juga membahagiakan teman...

Matahari mulai menguning, pertanda kami udah bisa bergegas pulang...
Meri dan pacarnya udah duluan pamit, kamipun mulai membereskan semuanya, dan perasaan gue semakin menjadi-jadi mikirin apa yang harus gue lakukan besok untuk Ecy.
“waktu semakin sempit...” batin gue

Tapi meskipun begitu gue ngga mau menunjukkan raut wajah risau gue di hadapan Ecy.
“Dia lagi bahagia, jangan dirusak mal...”

Setelah semuanya beres, kami pulang dengan perasaan yang begitu puas...
sepanjang jalan, gue terus memperhatikan wajah Ecy yang terlihat mulai mengantuk. Kemudian... Guepun  menggenggam tangan Ecy... hingga ngga lama, diapun terlelap.
“apa besok gue bakal buat dia kecewa?” gue kembali membatin risau

Setelahnya, tibalah kami dirumah Puji, menurunkan semua perlengkapan tadi yang kami bawa, dan istirahat sejenak disana sebelum lanjut pulang...

Pikiran gue masih menerawang apa yang harus gue lakukan besok, satu ide pun ngga ada yang hinggap, oh Tuhan...

Setelah merasa cukup melepas lelah, gue dan ecypun pamit pulang, selama diperjalanan Ecy terus menceritakan hal tadi, ngga henti-henti dia ungkapkan rasa bahagianya... sama kaya gue yang ngga henti risau akan esok hari...

Di perjalanan gue nanya ke Ecy...
“kamu mau apa di ulang tahun kamu besok sayang?”

“Ecy udah gede, Ecy pengennya ulang tahun Ecy itu dirayain dengan ketenangan aja
yang ngga ribut-ribut lagi...” jawabnya pelan

“kalaupun ada yang kasi kue, dll itu bonus bagi Ecy,
Ecy cuma pengen liat siapa yang masih ingat Ecy...” tambahnya lagi

Jawaban itu makin buat gue ngga tau harus berbuat apa...

Tapi untuk sementara, gue abaikan perasaan yang ngga karuan ini, gue mau menghabiskan malam ini sama Ecy. Kami ngga langsung pulang kerumah, ada mutar-mutar lagi sebentar...

Masih rindu, sehabis ditinggal Ecy liburan.

Di perjalanan pulang, kami terus ngobrol melepas semua rindu, dari tadi ngga sempat ngobrol berdua, terlalu sibuk dengan tugas masing-masing.
dan kembali, rasa risau itu kembali bangkit mengganggu pikiran gue.

“gue harus cari ide!”
**********

Headset Warnet tersayang...

Sesampai dirumah,
Gue dapat SMS dari satria yang ngajak nginap dirumahnya bareng Apis, yanang dan goji. Awalnya gue ngga mau ikut, tapi karena gue butuh saran dan ide, guepun meng-iya-kan ajakan mereka.
“sat, aku butuh saran” gue kirim SMS ke satria.

Ngga lama, masuk balasan... dan itu dari Ecy.
“hah? sat?” aduh! Gue salah kirim ternyata. Kena trololol gue.

“ngga ayang salah kirim, mau kirim ke satria. hehehe” balas gue
Gila, untung bukan SMS gue bilang butuh ide untuk ultah Ecy besok yang gue kirim. Kalo ngga ya... gitu deh... *sayup sayup terdengar lagu ada band-manusia bodoh* “hanya aku manusia bodoh...”

Gue terus berpikir apa yang harus gue buat tuk Ecy, kejutan yang tenang...
gimaanaaa lagi itu kejutan tapi tenang, namanya aja kejutan kan?oh Tuhaaaaan

Dan rupanya gue ngga bodoh-bodoh amat, sebuah ide yang lumayan sesuai dengan tema “kejutan yang tenang” muncul di pikiran gue.

Oke. Kalo gitu harus secepatnya buat raker nih sama mereka.

Gue pun bergegas kerumah Satria, untuk membicarakan semuanya.
“jadi gini, Ecy pengen Ultah yang tenang katanya, kejuannya ngga ribut gitu” jelas gue ke Apis selaku ketua Rapat.

“jadi idenya gimana?” tanya Apis, yang lain pada nyimak

”jadi gini, gue mau nanti rayain ulang tahun dia berdua aja gitu,
besok malam gue ajak dia keluar, terus selang beberapa lama, gue beralasan mau ke apotek bentar ambil obat emak, terus pas gue mau turun, gue kasi rekaman suara gue ucapin selamat ultah buat dia, terus gue ambil kue sama kalian, kalian tunggu di seberang jalannya ntar, kan lumayan lama tuh rekamannya, setelah kira-kira berapa menit gue balik dan kasi kue ke dia terus nyalain mancis buat gantiin lilin, nyanyi selamat ulang tahun. Udah. Gitu. Gimana?”

“bisa tuh, jadi malam ini apa yang mau dibuat?” tanya Apis
“buat rekaman suara” jawab gue.

Gue pun bergegas buka laptop dan siap merekam.
Dan ternyata, cobaan semesta belum usai.
“Pis, headset ini rupanya ngga bisa. Kan laptop ada jack khusus microphone.” Gue melaporkan masalah ini ke Apis

“gue juga udah coba rekam suara pake mic bawaan laptop, kedengaran suara kipas laptop...” tambah gue, muka gue udah melas.

Udah 2 malam gue belum tidur, malam ini gue harus begadang lagi demi si kekasih hati... semangat!

“oke bentar tanya temen lain dulu siapa yang punya headset warnet” jawaban apis bagaikan cahaya lentera yang tiba-tiba menghampiri gue yang lagi meringkuk dalam kegelapan.

Apis mulai menghubungi orang-orang yang menurutnya punya headset begituan...

Hari pun sudah berganti, angka 11 udah mengisi slot kalender di jam tangan gue.

Guepun mengirimkan ucapan ulang tahun tuk Ecy, meskipun telat 30 menit, gue lupa hari udah berganti karena sibuk mikirin ide yang gue kira udah matang, eh ternyata kurang alat.

Jam udah menunjukkan pukul 1 pagi. Apis belum beri kabar gembira, semuanya seakan-akan cahaya lentera itu mulai meninggalkan gue yang meringkuk tadi. Semesta lagi nge-troll gue.

“mal!” panggil apis sambil menunjukkan SMS yang berisi pernyataan bahwa ada yang punya headset warnet!!!
“kita ambil sekarang?” tanya gue sambil menahan ngantuk

Dan ya. Gue dan Apis pun berangkat menuju kos yang bersangkutan untuk minjam si headset warnet.
Setelah kurang lebih 15 menit berlalu, kamipun tiba di sebuah kos yang penampakannya kaya rumah angker, atau lebih tepatnya mirip rumah kawanan perampok.

Apis mengisyaratkan gue tuk tunggu sebentar di motor.
“ini kos?” tanya gue dalam hati.
Terdengar dari lantai 2 ada suara orang bernyanyi dengan diiringi gitar, gue hafal betul lagunya. “Hotel California”

Suara nyanyiannya langsung membuyarkan bayangan gue tentang kos itu.
“ngga angker-angker juga deh ini kos”

Gue ngga tau siapa yang nyanyiin itu lagu, yang jelas... suaranya buat gue pengen standing applause.

Disamping itu terdengar suara Apis ngobrol dengan seseorang yang katanya sih abang letingnya di kampus. Percakapan mereka lumayan buat ketawa dan kecewa.
Sebab, ternyata mereka mengira headset yang ada microphonnya itu ya headset biasa yang kaya didapat pas beli hape Samsung.

Well... sia-sia jam satu kesini pulang dengan tangan hampa...

Ngga lama, Apis pun keluar dari sana.
“ngga perlu gue jelasin lagi kan? Ada dengar sendiri tadi kan?” jelas Apis.
“iya...” jawab gue sambil menampilkan senyuman yang penuh dengan luka kecewa...

Ternyata ngga sampai disitu, Apis masih berusaha tuk menghubungi teman-temannya yang punya kemungkinan memiliki si headset warnet tersayang.

Lebih dari 10 orang dia telpon dan ternyata nihil...
“mal, lewat simpang 5 semuanya selesai...” Apis sudah mengambil keputusan.
“oke pis... ngga usah di paksa kali, kita udah usaha juga. Makasi pis” Jawab gue.

Dan... kami pun sudah melewati simpang lima kota ini...
“its over bro... its over...” ujar Apis.

Kamipun pulang kerumah satria dengan tangan hampa.
Sesampai di rumah satria, kami disambut dengan bunyi lonceng jam dinding yang berdentang dua kali. Yap... sudah pukul 2 teman.
Gue udah terlalu lelah,
Gue putuskan untuk melanjutkan rencana gue besok, mungkin semesta memang menyuruh gue tuk istirahat. Saat yang lain pada masak mie, gue ketiduran...
Pagi pun menjelang, pagi ini gue sambut dengan perasaan yang sama seperti dini hari tadi, risau tak berujung... ngga pagi juga sih, kami semua pada bangun jam 10 pagi.

Setelah sarapan jamak makan siang, kami kembali ke rumah masing-masing sepanjang jalan gue mencari ide lain untuk kejutan Ecy nanti malam, gue udah hubungi Ecy kalo malamnya gue ngajak dia keluar... ya pastilah dia udah feeling gue bakalan kasi surpise. Tapi kan dia ngga tau gue mau kasi apa.
Sesampai dirumah, gue putar otak. Dan gue ingat punya webcam, yang tentu ada microphonenya. Gue pun bergegas nyari itu webcam jadul. Dan semesta buat gue bahagia. Gue menemukan sang webcam segera gue coba di laptop itu microphone yang di webcam.

“Tes! Tes... Do you wanna build a snowman... ”

dan well... benda itu ternyata udah rusak, ngga ada respon apa-apa.

“okay bye...” gue menutup keputusasaan ini.

Gue tiduran di lantai... gue cari ide, guling sana guling sini... dan mata gue ngeliat tripod sama kamera di lemari. Ide muncul.

“Oke gue buat itu aja.”

Semua tak sesuai rencana...
Gue langsung merealisasikan ide itu kurang lebih satu jam. Dan well... hasilnya sangat sempurna dimata gue. Dan gue berharap ini ini juga sempurna dimata Ecy nantinya.

Setelah melepas semua kerisauan yang ada. Gue menghubungi Apis tuk segera melaksanakan tugasnya habis maghrib. “antar Paket”

Iya, paketnya itu kue ulang tahun tuk Ecy.

“sayang, nanti malam jadi kan kita keluar?” gue nge-BBM Ecy.
“jam berapa Ecy jemputnya?” as usual, Ecy yang jemput gue -___-
“jam 8 aja yaaa” balas gue.
“telat kaliii, Ecy jam 9 lewat harus udah pulang.” Balasnya lagi.
“ngga lama kok, jam 9 udah pulang kita”

Singkat cerita Ecy udah Oke, dan dia bakal jemput gue jam 8 kurang.
Sekarang tinggal tunggu Apis, yanang dan Satria ambil paket dirumah gue. Dan... sampai gue di jemput Ecy pun... mereka belum tiba.

Gue menitipkan pesan ke sepupu gue, Kerol yang lagi makan malam di rumah.
“nanti Apis dkk kerumah ambil paket kaya yang tadi ane bilang, ntar ente kasi ke mereka ya”

Sepanjang perjalanan gue grasak grusuk sendiri karena takut dan grogi semuanya bakalan gagal, untuk ngulur waktu, gue bawa Ecy jalan-jalan dulu sebelum mereka nyampe tuk antar paket.

Sepanjang jalan Ecy cerita gimana dia dapat surpise dari teman-temannya, rasa senangnya itu manis. Senyumnya ngga terlepas, sepanjang jalan dia terus tersenyum hingga tiba-tiba.
“Ayang, Ayang! Itu di depan!!” teriak Ecy

Gruduk!

Body mobil Ecy seperti nambrak sesuatu, gue ngga tau apa. Rupanya ada motor yang mutar arah sembarangan, motornya ghaib! Ngga ada lampu! Manalah gue liat

Pas gue liat spion belakang, itu motor udah hilang ntah kemana, rupanya dia langsung kabur.
Gue menepi sambil menahan marah karena motor ghaib tadi. Setelah dipinggir jalan, gue turun untuk liat dimana tadi bagian yang kesenggol. Dan ngga ada apa-apa, ngga ada body yang lecet ataupun penyok.

“Alhamdulillah ngga kenapa-kenapa”

Gue mengajak Ecy untuk kembali masuk mobil, dan seperti yang kalian ketahui. Dia jadi bungkam. Ngga ada lagi senyum dan kata-kata yang keluar dari Ecy. Gue pun jadi diam. Gue ngerti Ecy masih shock karena tadi kami nabrak motor kampret itu, gue coba mencairkan suasana...
dan respon Ecy cuma menjawab dua patah kata, lalu kembali diam.
“aduuuh janganlah rusak malam ini karena motor tadi ayang” rengek gue ke Ecy.
“yaudah sekarang kita cari makan ya” ujar gue berharap Ecy jadi senang.

Ecy masih ngga banyak bicara.

Ngga lama, kami tiba di sebuah rumah makan di pusat kota. Dan gue belum dapat konfirmasi dari para pengirim paket,
“kemana... lagi ini” gumam gue sambil ngecek hape

Ngga lama setelah kami pesan makanan, gue coba hubungi mereka
“sat hubungi aku lewat SMS aja, BBM mati” gue mengirim SMS ke Satria.

Ngga lama gue dapat SMS bahwa mereka udah dekat, Gue langsung berasalan ke Ecy kalo gue dapat telpon, dan permisi sebentar. Gue telpon Satria dan bilang gue udah di luar. Dan akhirnya kurir pun tiba! Dengan gerak cepat paket udah di tangan gue. Langsung gue simpan di mobil, dan kembali ke dalam.
Ecy ngga nanya apa-apa.
“dia ngga curiga...” gue bersyukur dalam hati.

Jam udah menunjukkan pukul setengah 9.
“habis makan langsung pulang ya?” kata Ecy ke gue.

Gue mengiyakan tanpa bicara.
Setelah bayar, kami langsung kembali...

Saat di mobil.

“kenapa kamu sibuk kali dulu? Dari tadi ngga tenang?” tanya Ecy saat ngeliat gue grasak grusuk ambil flasdisk di kantong celana.
“ngga, ini mau kasi liat sesuatu.” Sembari menunjukkan flashdisk ke Ecy
“bisa diputar kan di player mobil?” tanya gue.
“bisa...” jawab Ecy sambil menancapkan flashdisk disana.

Gue degdegan...

 “Ngga bisa ini...” kata Ecy.
“yaudah ngga apa...” jawab gue.

Gue pun kembali mengemudikan mobil untuk pulang, dan berharap mendapat lampu merah dari lampu lalu lintas. Dan ternyata iya.

“yaudah, kamu liat lewat ini aja”
Gue memberikan Hape gue ke Ecy.

Ecy cuma diam.

Dan video berdurasi 4 menit yang di iringi lagu Flightless Bird – American Mouth itu mulai diputar di Hape gue...

Video yang gue buat itu berhasil buat Ecy kembali berekspresi.

Ecy sengaja menyembunyikan wajahnya, sepertinya dia ngga mau gue lihat wajahnya yang lagi melihat video itu tanpa bicara...

Mobil udah kembali melajupun Ecy abaikan.
“Ini kamu buat?” tanya Ecy.
“iyalah, itu kan nampak hape kemal.” Jawab gue.
“muka Ecy semua kok?” tanyanya lagi..
“Ya kemal mau kamu ingat aja, itu semua kenangan dari umur kamu yang udah kamu habiskan sama kemal” jawab gue.

“DAEBAK!” teriaknya.

Entahlah apa itu artinya yang gue tau, Ecy selalu teriak kata itu kalo lagi senang.
Kemudian gue pun mengambil paket yg diantar kurir tadi.
“Happy Birthday Sayang” ucap gue sambil memberikan paket berisi kue itu ke Ecy.

Ecy kaget.

“kapan kamu belinya? Kok bisa ada di sini? Kan tadi kamu sama Ecy terus.”
Sambil senyum gue bilang,
“itu tadi pas kemal keluar alasan nelpon. hehehe”
“udah tau kok.” Jawab Ecy sambil menunjukkan SMS yang seharusnya gue kirim ke Satria.
Ternyata gue salah SMS. -___-

Ecypun membuka kotak yang berisi kue tersebut.
“maaf ayang, kuenya udah ngga jelas lagi bentuknya... udah terpontang-panting”
“iiii kasian kuenyaa?
loh? Lilinnya mana??? Ayang Ecy masa ngga tiup lilin...”

Keluar deh tingkah lucunya.
“iyaaaaa kita cari lilin duluuu”

Guepun menuju tempat pernak-pernik untuk beli lilin. Setelah membeli lilin angka 2 dan 0. Gue kembali ke mobil,
“bentar ya... beli mancis duluuu”

Gue lupa bawa mancis dari rumah, gue pun lari ke kios seberang jalan tuk beli manci dan kembali lagi lari secepat mungkin menuju mobil.

Setelah itu, guepun segera menancapkan lilin-lilin itu, dan menyalakannya...

Kami merayakan Ulang Tahun Ecy cuma berdua.

Kejutan sederhana yang bikin pusing...

Gue berharap semua yang gue lakukan ini bener-bener sesuai dengan keinginan Ecy tuk mendapatkan Surpise yang penuh dengan ketenangan, meskipun ada beberapa ketegangan yang terjadi sebelumnya...
Perasaan lega akhirnya gue rasakan, Ecy terlihat begitu senang... dia kembali cerewet seperti biasanya...

Well... Sepertinya semesta memang ingin gue melakukan apa yang bisa gue lakukan, tanpa harus memaksakan yang sebenarnya ngga bisa...

Karena sebenarnya... apapun hadiahnya, bukan tentang apa yang diberi... melainkan siapa yang memberinya. Itu yang membuatnya berharga.

oh iyaa.. hari ini juga ada seorang lagi yang ulang tahun. kakak gue!

Bulan Mei ini memang Bulannya ketiga Perempuan yang terpenting dalam hidup gue.

Well...
Happy Birthday to You My Lovely Mom.
Happy Birthday to You My Day.
Happy Birthday to You My Lovely Sista
Love you all!

0 komentar:

Posting Komentar