Nanti

by 23.14 0 komentar
Ya... gue kembali menuliskan cerita gue disini...

Kali ini cerita gue banyak memuat tentang kehidupan gue setelah ikhlas dengan masa lalu, atau lebih sering disebut move on, membenah diri, lebih mencintai diri, dan kisah yang semesta lukis untuk gue setelah masa pahit itu. Gue sudah mengikhlaskan masa lalu gue, ngga ada yang perlu gue kejar lagi, sudah jelas dia ngga mau memperbaiki hubungan itu dengan gue, karenanya gue menjaga jarak sejenak dengan dia, maupun di dunia maya dan dunia nyata, gue bener-bener menjaga jarak... dan juga semesta membantu gue dalam hal itu, gue ngga pernah bertemu dia sama sekali saat gue dalam masa mengikhlaskan masa lalu itu..

Dan semesta memang menunjukkan bahwasanya pilihan yang gue pilih ini benar.

Mungkin bagi kalian yang tau kehidupan gue belakangan ini, udah pada tau dong ya? Sekarang gue ngga sendiri lagi... gue sudah punya seseorang yang sepasang tangannya selalu membantu gue bangun saat jatuh, seseorang yang senyumnya mampu menghapus semua lelah gue, seseorang yang kehadirannya selalu gue rindukan, seseorang yang gue panggil Sayang. Ya... dia. Helsy Ulfa Handalia.

Gue bertemu dengan dia... bisa dibilang suatu kebetulan... tapi bagi gue ngga, semesta yang melukiskan jalan tuk mempertemukan gue dan dia. Cerita yang gue lalui ini ... mungkin bisa dibilang adanya hanya di Novel Romantis, yang sama sekali ngga pernah gue baca. Pernah gue berfikir, “kenapa hampir setiap orang memimpikan kisah cinta dan kehidupannya seperti yang ada di dalam novel, simple... karena kenyataan itu pahit. Contohnya ngga perlu jauh. Hampir semua tulisan gue terdahulu menorehkan luka, ya... karena kenyataan pahitlah, orang-orang memimpikan kisah cinta dan kehidupannya seindah cerita fiksi yang diciptakan oleh manusia itu sendiri...” setelah gue lalui ini semua, gue sadar... gue lupa akan kemampuan semesta yang mampu menciptakan hal yang tak terkira indahnya. Ya gue melupakan kemampuan semesta. Kenyataan tak selamanya pahit...


Dari sanalah... cerita gue dimulai. 


**********
Gadis Inflasi. Become. My Day.

Malam itu sama dengan malam sebelumnya, gue pulang dari ngegym dan sampai di rumah dengan keadaan lelah.

Suasana rumah sudah sepi, semua anggota keluarga rumah ini udah pada dalam kamarnya masing-masing... kecuali gue, setelah selesai ganti baju dan yang lainnya gue kembali turun untuk makan malam ronde 2, setelah kenyang gue keluar dan duduk diteras rumah sambil menenteng hape. Sesekali gue melihat ke arah jalan, jalanan masih ramai...

Malam itu kalo ngga salah, malam yang redup tanpa bulan dan bintang, gue unlock hape dan mulai login ke twitter, cek mention... kosong, baiklah... gue Cuma ngescroll TL aja, terus gue ngeliat teman gue lagi mentionan sama temannya yang seingat gue mereka lagi membahas tentang inflasi. 

“ikutan bantu bahas bisa nih...” pikir gue

Tap tap tap, gue ikutan masuk dalam mention mereka, setelah beberapa kali mention, salah satu temannya teman gue itu ngemention gue. Dia nanya langsung ke gue tentang inflasi itu tadi... setelah beberapa mention terkirim, gue berfikir ngga enak lah kalo udah saling mention gini ngga follow, gue follow dan minta follback, sip! Responnya baik.

Setelah itu gue ngga mentionan lagi sama dianya, gue ngeliat profil twitternya... “Helsy Handalia”

“ada id LINEnya ngga ya?” pikir gue sambil nunggu loadingnya selesai. Karena sebelumnya gue ngeliat teman gue ngemention dia tuk liat LINEnya,

Hmmm ternyata dia ngga nulis id LINEnya di bio twitter, yaudahlah... 
Gue masuk ke rumah, dan langsung ke kamar...
Ngga lama setelah melemparkan badan ke kasur dengan lelah yang luar biasa, gue pun terlelap.

Hari udah berganti, gue jalani hari itu dengan keadaan ngantuk-ngantuk ayam... Gue kuliah sampe sore, ceritanya gue skip aja, soalnya ngebosenin. 

Malamnya untuk ngegym pun gue ngga semangat, gue memutuskan tuk ngga ngegym malam itu, tapi gue bosan di rumah... dari pada suntuk di rumah, dengan yang lain pada lagi ngga dirumah, gue nyalain motor dan pergi ke suatu tempat dimana itu tempat biasa gue menyendiri...

Sesampai di sana gue cek hape, ngga ada apa-apa..

Gue tap ke ikon LINE, dan... keajaiban muncul! gadis inflasi yang mentionan sama gue semalam, add LINE gue, sekarang nama Helsy Handalia menghiasi kontak LINE gue. Seneng dong pasti... tapi gue bingung,

“dia dapat dari mana id LINE gue? Di bio kan ngga ada” gue mikir keras

Lupakan. Gue beranikan diri tuk mulai percakapan sama dia.

“hey :) , gimana finalnya? ” terkirim... tapi ngga dibalas, gue ingat bener chat pertama ini.
Tanggal 15 Januari 2013 jam 22.05

Gue nunggu balasan dari dia, sambil ngeliat ke pantulan bulan diatas air,
“bulannya penuh, kepiting pada gemuk nih” pikiran gue udah menerawang sana-sini

Gue cek hape, sama... ngga ada tanda-tanda dia ngebalas chat gue, 

“udah tidur mungkin nih...” batin gue.

Baiklah... gue memutuskan untuk pulang, jam juga udah menunjukkan pukul 11 malam...
Sesampai di rumah, masih sama... setelah beres-beres ini itu, gue langsung ke kamar dan... tidur.

Keesokan harinya, jam 12.59... hape gue berdering.

“hey :)
Aku ngga final kok, Cuma waktu itu kebetulan kawan yang final, aku teknik :) ” isi dari notif LINE gue yang ternyata itu chat dari dia, si gadis inflasi!

Setelah gue membalas chat dari dia, kami sedikit basa-basi... biasalah awal-awal kenalan...

Percakapan pun berlanjut...

“penulis ya?”
“kemal? Siapa?” balas gue kaget
“iyaa kemal penulis blog terkenal bukan? :D ” balasan dari si gadis inflasi ini sukses buat gue terbang.
“ngga terkenal loh, biasa aja ._.” balas gue yang udah malu abis, tapi seneng.

Gila! selama jalan 4 tahun gue nulis di blog dari tahun 2009, baru dia yang bilang gue penulis terkenal! Dan juga dia baru kenal gue. Emejing banget ngga seeh? Padahal nerbitin buku aja belum, udah dibilang terkenal!

Percakapan kami udah mulai membahas blog gue... di terus-terusan memuji tulisan gue, dia merasa dapat banyak inspirasi dari tulisan gue terutama yang patah hati. Mmmm... baiklah. Gue pun menceritakan impian gue tuk buat buku dari semua cerita di blog gue, dia mendukung banget! Gue ngga ngerti, ntah karena gue terlalu kosong hatinya hingga saat ada yang beri perhatian begini, guenya udah di khayangan? Atau dia memang orang yang nyaman banget?

Setelah hari itu, kami selalu chat kapanpun dan siapapun yang mulai duluan...

Hari gue udah berubah, gue punya teman baru yang selalu berbagi cerita tiap harinya, mulai dari cerita ngga penting hingga cerita tentang hidup kami satu-sama lain.

Dia juga cerita ke gue kalo sebenarnya dia udah lumayan lama tau nama gue, gue nulis blog, dll. Cuma sekedar tau, teman-temannya yang pada kenal sama gue, teman-temannya pada saranin dia tuk baca cerita yang ada di blog gue, dianya Cuma ngerespon seadanya... “hmmm” “iyaa, nanti aku baca” dan setelah dia kenal gue via twitter dan baca cerita gue langsung, dia baru ngerti... kenapa teman-temannya pada nyuruh dia tuk baca blog gue.

Gue cuma bisa terpelongo ngeliat penuturan dia via LINE soal itu...

“gue punya penggemar!” batin gue kegirangan.

Ternyata gue ngga sesendiri yang gue bayangkan, di luar sana banyak yang memperhatikan, banyak yang care sama gue... mungkin karena gue terlalu fokus sama seseorang yang perhatiannya gue tunggu, hingga perhatian dari orang lain pada ngga nampak. Terus merasa ngga ada yang perhatian, peduli. Meh... egois bener pemikiran gue, hingga lupa kalo gue masih diberi nikmat yang lain.

Mata gue sepenuhnya terbuka setelah tau hal itu dari dia...
(untuk selanjutnya gue tulis dia di sini “Ecy”)

Kami masih terus chattingan hingga jam 1 malam. Ngga kerasa... sehari, dua hari, tiga hari, seminggu... ecy terus menderingkan hape gue. Ya... hari gue sudah berubah. Dan gue sekarang memberi panggilan special tuk ecy... “My Day” 
**********

Ini perasaan apa?

Setiap kali chatting selalu saja ada pembahasan seru antara gue dan ecy, pernah saat itu... ecy bercerita kalo dia mau liburan ke luar kota, dia pergi bareng teman-teman dekatnya, ecy menceritakan kalo dia takut ketinggian dan mereka berangkat dengan transportasi udara, jelas ini mirip Nightmare buat ecy, sehari sebelum keberangkatan Ecy terus-terusan bilang takut ke gue, gue tenangin... takut lagi... gue tenangin lagi... terus aja seperti itu, -.-

Gue beri dia beberapa tips tuk menenangkan diri, semua berawal dari aturan nafas... jika bisa bernafas secara teratur, ngga tergesa-gesa... Insya ALLAH... panas dalam jaauh... eh bukan, maksud gue Insya ALLAH pikiran juga lebih tenang, gue minta ecy tuk terus mengatur nafasnya tiap kali pikirannya mulai panikan dll, dan... ternyata ecy berhasil mempraktekkan tips gue dengan sukses! *bakar mercon* selama penerbangan dia ... Molor. -.-

Selama dia diluar kota, kami terus aja chattingan, pagi, sore, malam... hingga pagi sekali lagi. Apakah semudah itu membangun rasa nyaman? Apakah semudah itu membangun rasa nyaman terhadap orang yang sama sekali belum pernah kita temui dan kita kenal sebelumnya? Mungkin... ecy mengerti kepribadian gue dari membaca cerita yang pernah gue tulis, gue ngga tau ini benar adanya atau ngga, tapi menurut gue... dengan membaca seseorang bisa lebih memahami, karena alasan itulah gue lebih memilih menuliskan cerita gue, dibandingkan gue menceritakan ke orang-orang yang udah tentu, gue tetap ngga dapat jalan keluar, memang... gue menulispun tetep ngga dapat jalan keluar, tapi... perasaan tenang itu yang gue dapat, gue lega mengeluarkan semua unek-unek gue... gue mengkatarsiskan semuanya dalam tarian jemari gue ini... bisa dibilang, saat kita membaca hal yang berhubungan dengan “perasaan” kita menggunakan hati... berbeda dengan saat kita mendengarkan, kita lebih menggunakan logika, bener ngga? Saat kita menceritakan masalah kita ke seseorang, kita lebih ke “ingin di dengarkan” dibanding “minta solusi”? menurut gue, ya. Karena gue pribadi, saat meceritakan masalah gue ke seseorang... sebelumnya gue udah mempunyai pilihan solusi untuk masalah tersebut. Jadi... saat gue menceritakan masalah... gue hanya ingin di dengar.

Gue yakin, bukan cuma gue yang seperti itu. 
**********

Setelah beberapa hari liburan disana, hal yang ngga di duga terjadi, ecy kehabisan paket internetnya... baiklah. Tapi Ecy punya solusi, dia pun nyari wifi di lobby hotel tempat mereka menginap, setelah chattingan beberapa lama... 

“kemal, Ecynya mau naik ke kamar, nanti ngga bisa chatting lagi.. ”
“oh, ngga apa kok Ecy, kita udahan aja kalo ngga :) ”
“SMSan aja ya?”
“SMS? Nomor hape dia aja gue ngga punya” pikir gue dalam hati...
“emmm, tapi kemal ngga ada nomor Ecy, gimana? Nomor Ecy berapa? ”
“ngga mau ngasi tau :P”
“katanya mau SMSan? -.-” “aneh ini anak..” pikir gue
“cari lah nomor Ecy :D”
“wait” gue mengisyaratkan Ecy tuk nunggu

Gue ambil hape gue dan mulai mengetik nomer temannya

“cong! Minta nomor Ecy”

Ngga lama dia pun membalas SMS gue. Sip! I go it!

Langsung gue SMSin Ecy

“udah kan?”

Setelahnya gue chat Ecy bilang cek hape... dia nanya gue dapet dari mana nomor dia, gue jawab aja...
“kita gantian sumber, kemarin itu Ecy minta id LINE kemal sama dia, gantian... kemal minta nomor Ecy sama dia :P”

Kamipun melanjutkan percakapan kami malam itu lewat SMS, hingga berakhir di ucapan...

“selamat tidur kemalnya, have nice dream...”
“selamat tidur juga Ecynya, tidur nyenyak ya... see you tomorrow My Day”

Tidak ada balasan lagi malam itu, Ecy udah terlelap... ya, sekarang giliran gue... 

Pernah pada suatu pagi dini hari, hampir subuh kalo ngga salah, gempa membangunkan gue dan teman gue si Barbarosa(belum kenal? Klik disini) yang saat itu nginap di rumah gue,

“bar! Gempa...” gue kebangun

gempa makin berat.
“woi!! Bar gempa!!! Bangun woi, turun kita!” gue mulai panik karena gempa udah berhasil menggeser kasur berserta gue diatasnya.

Gue dan barbarosa mulai panik dan bergegas keluar kamar.
“eh, hape gue! Ecy! Ecy! Hape gue manaaa? ” teriak gue ke barbarosa sambil meraba-raba seluruh penjuru kasur

setelah gue berhasil menemukan hape gue, kami bergegas turun dan keluar rumah.
gue langsung unlock hape gue, tap ikon LINE dan Tap chat gue sama Ecy.

Gue mulai mengetik...
“Ecy? Di sini gempa. Kamunya di sana gimana keadaannya? ”

Ngga ada balasan.

Ternyata gempanya ngga menyentuh kota itu. Alhamdulillah Ecy dan temannya yang lain ngga kenapa-kenapa.

Sebegitunya kah Ecy mengisi hari gue? Sampai orang pertama yang gue cari pada saat itu adalah dia?
**********

Cur, Cur, Curhat!

Beberapa hari setelah itu, kami lebih sering menghabiskan waktu dengan saling SMSan...

Setelah beberapa hari liburan, Ecy dkk pun kembali ke kota ini, dan sama... dalam perjalanan pulang, Ecy kembali sukses menghadapi ketakutan dia akan ketinggian dengan molor, dasar putri tidur. -.-

Kembali kami pun saling bercerita lagi, Ecy curhat... dia nanya ke gue, yang intinya... dia ingin putus dari pacarnya. Jelas! Gue kaget, padahal dari yang gue liat mereka ngga ada masalah, dugaan gue salah... Ecy ngga punya perasaan apa-apa dengan pacarnya, Ecy menerima dia karena... yaaa bisa dibilang, terpaksa. Terlebih lagi teman-temannya yang bilang ke Ecy tuk terima aja. Baiklah...


Gue beri 2 solusi ke dia, jujur atau lanjut dan berharap rasa itu tumbuh dengan sendirinya, Ecy memilih tuk jujur, ya... Ecy telah memilih. :/

Dan memang, Ecy langsung jujur dan memutuskan hubungannya dengan pacarnya terdahulu, tepat pada hari dia kembali ke kota ini dari liburannya...
memang, yang diputuskan ngga bisa menerima, tapi ya menurut gue, putus itu ngga perlu ada kesepakatan dari kedua belah pihak, jika memang masih bisa ataupun masih ada yang bisa dibicarakan baik-baik kenapa harus putus kan? Kenapa gue bilang putus ngga perlu keputusan kedua belah pihak? Ngga usah putus deh yang gue jelaskan, Cerai. Ngga perlu kan ada persetujuan kedua belah pihak? Yaudah, cerai, ya cerai aja. Karena apa? Logis deh, kalo memang masih bisa bicara baik-baik... kenapa harus berpisah? Dan juga. Jika masalah udah tingkat akhir, tapi diajak ngomong baik-baik, oke... ngga jadi putus/cerai.

Tapi... apa kemungkinan masalah itu bakal hilang gitu aja? NO. Dia akan kembali, ya... jika memang ngga bisa dilanjutkan lagi, Tegas. Memang kadang berpisah bukan jalan keluar, tapi itu salah satu jalan keluar untuk ngga saling menyakiti lagi. Dulu... hubungan gue seperti itu. Dan ya beginilah, semesta memang berkata ya untuk itu. 

Dan pada saat itulah, Ecy sekarang sendiri, ngga ada yang memiliki... gue? Saat itu... belum terpikir untuk bersama dia selebih dari gue yang menganggap dia hanya seorang Teman. 
**********

Dibalik lebatnya hutan pinus.

Kita lupakan masalah itu sejenak,

Ecy adalah seseorang yang suka bermimpi, impiannya luar biasa... dia ngga peduli itu terwujud atau ngga, bagi dia yang penting bermimpi. Gue baru pertama kali ketemu perempuan yang begini, pernah pada suatu malam Ecy mengajak gue tuk bermimpi, saat itu dia bilang ke gue dia sedang diatas awan...

“kemalnya ngga diajak?”
“diajak dong...”
“Terus kita kemana lagi?” tanya gue yang mulai mengikuti permainannya
“disini aja...”

Gue pun ingin bermimpi seperti itu, dan seolah-olah kami memang sedang melakukan hal itu...

Gue ajak dia turun dari awan, gue ajak dia ke sebuah padang rumput yang luas yang di depannya ada sebuah pantai... sepi. Kami melihat kerlip bintang dilangit itu sambil membaringkan tubuh kami di atas hamparan rumput yang luas itu... kami bercerita banyak hal ditempat itu... Ecy larut dalam cerita gue... dia ingin gue terus melanjutkan mimpi itu...

“kita terus bercerita sambil melihat langit malam hingga pagi menjelang, perlahan secercah sinar matahari yang mulai terbit tampak... kita diam, kita menikmati sinarnya” cerita gue bener-bener buat Ecy terdiam kalem, Ecy hanya membalas chat gue dengan senyuman...

Gue terus melanjutkan mimpi itu...

“kemal ajak Ecy tuk berjalan sepanjang bibir pantai itu, hingga kita menemukan jalan raya, kemal memberhentikan mobil untuk kita tumpangi dan kebetulan mobil tersebut berjenis bak terbuka... kita duduk disana, angin membelai lembut wajah Ecy, mobil yang kita tumpangi menuju ke sebuah hutan pinus... suasananya tenang...”
“sekarang Kemalnya lagi apa?” tanya dia, dalam sela cerita gue...
“liatin Ecy J”
“Ecynya lagi apa?” tanya dia lagi...
“Serius ngeliatin jalan...”
“Setelahnya kita sampai” balas Ecy, Ecy mulai ikut melukis mimpi itu.
“Kemana? J” tanya gue.
“Kerumah”
“Rumah siapa?”
“Ada satu rumah disitu, rumah cantik besar luas dan bagus”
“Terus? gimana lagi?” tanya gue penasaran dengan jalan cerita yang Ecy rangkai
“Terus Ecy masuk rumah nya dan kemal antarin sampe depan aja” balas ecy..
“ini anak, lagi enak-enak berhayal, sempat-sempatnya becandain gue” pikir gue saat baca balasan itu -.-
“kemal mau ajak Ecy masuk hutan, lewat jalan setapak, nyari kunang-kunang” gue kembali membawa dia bermimpi.

“Terus?” Ecy sukses larut kembali...
“Kita tangkap, masukin di sebuah tempat,
setelahnya kita pulang... duduk diluar rumah cerita-cerita ditemani cahaya kunang-kunang”

Ecy hanya membalas dengan senyuman... gue terus melanjutkan mimpi itu sendirian

“kita diam sejenak...
memandang langit malam yang bertabur bintang...
duduk bersebelahan, dengan jaket yang lumayan tebal, sunyi...
Cuma kita berdua di sana”
“dan Ecy ngga mau tutup mata, biar selalu bisa liat gitu” jawab Ecy, merespon...
“Kita lepas lagi kunang-kunang tadi,
ngeliatin sebintik cahaya yang terbang itu,
Ecy bersandar di pundak kemal,
kemal Cuma ngeliatin Ecynya, yang terkagum-kagum dengan indahnya langit malam”
“Aaaaaa Ecynya ngga bisa berkata apa-apa lagi... ” balas Ecy yang ternyata, udah benar-benar masuk kedalam mimpi yang gue rangkai itu.

Gue tetap melanjutkan...

“karena udah terlalu dingin,
kemal minta ijin tuk pergi bentar nyari kayu bakar,
ngga lama setelahnya, kemal bakar di depan kita, suasana mulai menghangat.”

“dan?” kembali, Ecy menanyakan kelanjutan cerita gue.
“Ecynya bersandar lagi, sambil memejamkan mata... terus kemal bacain puisi tuk Ecy...

Sepi senyap...
Dibalik lebatnya dedaunan dan pohon pinus...
Harum hutan ini,

Menenangkan...

Suara jangkrik dan makhluk malam lainnya saling bersahutan

Berusaha membunuh sepi

Disini kita...

Tak tahu di mana

Duduk...

Memandangi bentangan langit malam.

Diam...

Kita hanya diam...
Sesekali angin berhembus, membelai lembut wajah mu...
Menciptakan kesan tenang begitu kuat...
Hampir terlelap kamu dibahuku.
Menikmati alam... yang mungkin hanya khayalan...
Tapi...
Ini seperti nyata.
Ketika aku membayangkan dan merasakan... semuanya.
Malam yang penuh cerita... 
Ceria yang diam.
Cerita yang tak berkata...
Cerita hati... :) ” 


Malam itu gue berhasil buat Ecy ikut bermimpi bareng gue, ngga banyak respon yang Ecy katakan setelah itu... yang gue tau.

Dia terharu. 
**********

Why?

Setelah kami melewati malam yang penuh mimpi itu, gue dan Ecy semakin dekat dari biasanya, gue udah berani nelpon dia sering-sering... percapakan kami malah hingga waktu hampir mendekati subuh. Semakin hari... semakin ngga terasa gue udah banyak menghabiskan waktu bareng Ecy,.. Ecy ingin ketemu langsung dengan gue, gue menolak... gue belum siap bertemu dengan bidadari ini, gue menjanjikan “nanti” tuk Ecy, yang dimana saat itu gue dan Ecy bertemu.

Dan tanpa sadar, gue udah buat Ecy membenci “nanti” itu. Dia ngga mau membahas “nanti” yang gue maksud, dia takut. Dia penasaran. Kenapa gue ngga mau ketemu dengan dia... saat itu gue menargetkan nanti itu pada akhir bulan Februari.

“kenapa kemal ngga mau ketemu dengan ecy? Because I’m not beautiful?” isi pesan chat yang Ecy kirim ke gue, ya... dengan sukses buat gue ngga tau harus berkata apa.

Gue menjelaskan,

“bukan Ecy, you’re so beautiful My Day...”
“terus? Nanti itu apa? Kemal ngga pergi kan? Kemal tetep sama Ecy kan?” balasan ini buat gue terdiam...
“how could I leave... you fill my day. I leave, I lost my half day...” gue berharap balasan itu balasan itu mampu buat ecy yakin gue ngga kemana-mana.

Percakapan kami mulai serius malam itu, setelah percakapan kami akhiri dengan ucapan selamat tidur satu sama lain, gue belum bisa terlelap...

Gue bertanya dalam hati

“apa Ecy jatuh ke gue?” karena juga... saat itu gue mulai merasa ada perasaan yang tumbuh tuk dia.

Ntah kenapa gue juga yakin... disana Ecy juga belum terlelap. 
**********

Tantangan?

Keesokan malamnya, gue kembali menghubungi bidadari kecil itu, kami chattingan sebentar dan sebelum tidur kami telponan sebentar...

Setelah saling becanda, ngga tau kenapa gue kepikiran tuk beri dia tantangan.

“eh, kalo kita ngga komunikasi, SMS, chat dll selama beberapa hari sanggup?” gue mulai mengawali penawaran soal tantangan itu ke Ecy
“ih? Apa sih ngga mau...” balas Ecy
“ah, nampak dia ngga bisa jauh dari kemal :P” gue terus aja komporin dianya
“yaudah ayok, berapa hari?” tanya Ecy dengan nada memelas
“3 hari gimana?” jawab gue yang sebenarnya khawatir dia bakal bilang ‘iya’
“3 hari? Ayok!” jawaban Ecy sesuai dugaan gue!
“eh, ngga ngga... seminggu aja!” gue bilang begini padahal karena mau dianya nyerah.
“ih.. lama kali... ” suara Ecy semakin memelas. Ngegemesin banget!
“yee. Ecy ngga berani, Ecy kalah ya? :P ” gue kesenengan dianya ngga jadi setuju.

Dan ternyata... semesta berpihak pada Ecy.

“yaudah. Oke seminggu.” Kali ini suara Ecy berubah, dia tegas!
“Ya Allah, hamba melakukan kesalahan!” batin gue semakin tidak tenang.
“oke deal! Ngga SMS, chat, twitter dll ya? Kemalnya bakal hilang... selama seminggu.” Walaupun sebenarnya ngga mau, gue ikutin aja... -.-
“iya...” jawab Ecy di seberang sana dengan suara semacam... ngambek.

Telepon pun terputus... dan ngga ada yg memulai tuk menelpon duluan... 

“what I’ve done?” pikir gue yang yakin... gue bakal ngga sanggup menjalani tantangan itu.

Bagaimana ngga? She is my day! damn! I make my own mistake. 
**********

Hari pertama. 

Memang bener. Biasanya selalu ada pesan singkat ntah itu SMS ataupun LINE ucapan selamat pagi dari Ecy yang menderingkan hape gue... kali ini. Nothing has come...

Seharian... hari gue hambar.

Malamnya? Sama. Tidur tanpa ucapan selamat tidur dari Ecy.

“kira-kira, Ecy ada gelisah kaya gue ngga?” kembali pikiran gue buat gue sulit memejamkan mata.


Hari kedua 

Masih sama,

Sesampai di kampus teman gue, gue manggil dia “Be”, sebelumnya, Be ini yang duluan dekat dengan Ecy, bahkan pas dekat Be cerita ke gue dia tertarik dengan Ecy, pernah pada suatu malam, Be chat gue... dia bilang lagi chatting sama Ecy via FB... meh. Ya FB... dia bingung mau balas apa ke Ecy, yaudah gue saranin ini itu dan sebagainya.., unlucky Be... dia berhasil mimisan dengan sukses saat lagi chatting dengan Ecy. *jangan tanya kenapa sama gue.* dan sekarang Be dukung kedekatan gue dengan Ecy,.. maafkan ane gan, ngga bermaksud menikung! Sumpah deh. Ini diluar kendali ane. ._.

Baiklah. Kembali ke cerita... Be tau soal tantangan yang gue bilang ke Ecy, begitu nyampe kampus dia nanya.

“masih diem-dieman? Udah hari kedua nih.”
“nah itu masalahnya, bingung nih. Gue udah merasa ada yang hilang...” jawab gue lesu.
“jadi? Mau nunggu sampe berapa hari? ” jawabnya
“besok deh gue SMS dia duluan. Malamnya”
“terserah ente sih dude.”

Percakapan kami berhenti sampai disitu...

Sorenya, saat lagi di sebuah tempat makan langganan kami.

“Oh GOD! I Miss Her!” gue ngomong sendiri
“udah, mau nahan sampe kapan? ” respon Be ngedengar gue yang nyerocos sendiri.
“besok deh... besok gue hubungi dia.”


Hari ketiga 

Rindu gue ke Ecy udah mentok!
Malamnya gue memantapkan diri tuk menyerah dan hubungi dia duluan. Baiklah sebelumnya mari ngetwit dulu.
“SMS, discard, SMS, discard, SMS, discard, SMS! ” twit send.

Gue langsung SMS ecy!
“Ecy, kemal ngga sanggup...” sent!

Satu menit berlalu, tak ada balasan.

Ngetwit lagi.
“yak terkirim... dan... belum ada balasan. Baiklah .” twit send.

Ngetwit lagi.
“sepertinya, hapenya dalam lemari” twit send. Berharap dia yang lagi di TL baca twit gue!

Dan... hape gue pun berdering.
“ini beneran?” isi SMS dari Ecy.
“iya beneran... kenapa? Ngga mau komunikasi dulu? ” balas gue pasrah.
“eh ngga kok :D ” alhamdulillah! Isinya seperti yang gue harapkan.
“emang Ecy sanggup ya? :/ ” tanya gue.
“ngga... ”
“terus? Kok ngga SMS duluan? ” gue kembali bertanya. Dan terus seperti itu.
“karena tau bakal di SMS duluan J”


Baiklah. Dengan ini gue yakin. Gue udah sayang sama Ecy. 
**********

Semesta bercanda.

Setelah momen tantangan itu... beberapa hari setelahnya, hari itu adalah...

Senin, 4 Febuari 2013... hari pertama perkuliahan pada semester 2 ini dimulai.

Gue ingat bener momen yang ada di hari itu.
semesta becandain gue. Saat dimana gue ketemu dengan Ecy itu seharusnya masih jauh... hari itu malah datang.

Hari itu gue mulai dengan memberikan ucapan selamat pagi kepada dia... siapa lagi kalau bukan Ecy, ya... setelah berkemas-kemas, saatnya berangkat ke kampus... gue sms Ecy...

“Kemalnya berangkat ke kampus dulu ya... :) ”

kami berdua memang sudah menjadikan itu sebuah kebiasaan... ya, salah satu bentuk perhatian satu sama lain.

Akan tetapi, gue salah kirim!
dengan tidak beruntungnya SMS tersebut mendarat pada hape seorang. BE.
dan... gue sadar setelah mendapat balasan dari makhluk brekele itu yang isinya...

“iyaaaah ninjanyaaaah ecynyaaaaah xD”
kurang lebih gitu deh isinya. Gue baca SMS itu saat dalam perjalanan ke kampus, dan SMS tersebut sukses ngebuat gue merasa makhluk ter geblek, dan terus ngakak sepanjang jalan ke kampus.

“Kampret!!! Salam kirim!” balasan gue ke si Be.

Dan jelas, gue ngirim balik SMS tersebut ke pemiliknya yang sah. *aseektratakdungces 

Sesampai di kampus, 

setau gue Ecy ngampus jam 10, sedangkan gue jam 8...

“Ecynya mau nyari makan ni sama si cong” gue membuka pesan singkat dari dia.
“mau kemana emang?” balas gue
“ngga tau nih.. ini mau dijemput sama si cong.”

Kebetulan awalnya cong lagi sama gue dan teman lainnya, tapi ngga tau... tiba-tiba udah hilang aja.

Dan... ternyata.
si cong kembali ke kampus dengan membawa sang bidadari itu.
ngga usah ditanya. Jantung gue kaget!
Ecy keluar dengan si cong dari sebuah mobil SUV warna hitam.

“Be! Itu... Ecy kan?” tanya gue ke si Be sambil melirik ke arah Ecy yang lagi jalan menuju tempat kami.
“iya mal!” jawab Be dengan nada yang LUMAYAN santai.
“eh, kok ngga kaya di foto? Yang ini agak gelap -.-” balas gue dengan ngga tau diri.

Ecy duduk dekat teman gue yang lain... sepertinya ecy ngga tau kalo gue sedang ada di dekat dia, gue bingung harus ngapain. Ini diluar rencana gue.

“be! Gimana nih? Aku duduk kesana ngga?” tanya gue ke si Be, kebetulan juga Ecynya mulai di godain sama penghuni kampus gue yang lain. 

“udah, duduk aja... udah mulai di godain tuh.” Jawabnya

Oke, gue memberanikan diri tuk duduk di dekat Ecy dan menyapanya.
“hei! Ngga liat-liat ya?” sapa gue sambil mencolek sedikit lengannya.

Ecy kaget...
“oh.. eh Ecynya ngga tau...”

Gue membalas jawabannya itu dengan seyuman...

“Kemal...” kata gue sambil memberikan tangan gue, mengisyaratkan mengajak salaman.

“Ecy...” kata Ecy sambil membalas salaman gue, tentu... senyumannya ngga ketinggalan, ditambah dengan lesung pipi yang semakin menambah kesan manis senyumnya itu.

Gue mulai mencairkan suasana kaku diantara kami...
gue mulai becanda dengan teman-teman gue, Ecynya Cuma jadi pendengar setia, sesekali di ikut ketawa liat tingkah gue yang lain kumat isengnya...

Setelah itu, Ecypun harus bergegas ke kampusnya, dia kuliah di Teknik, jurusan Pertambangan.
sejenak setelah dia pergi, gue SMS dia.

“gimana? Kemalnya lebih seru di LINE dan SMS atau ketemu langsung?”
kira-kira gitu isi SMS yang gue kirim ke Ecy

“lebih seru ketemu langsung :D ” isi balasan SMS Ecy ke gue.

Baiklah... walaupun semesta becandain gue hari itu... ngga apa. Gue sangat senang bertemu dengan dia. Ecy... ya... My Day.

Belakangan gue tau saat gue lagi bicara pada hari itu... Ecy terus memperhatikan gue. Dia ngga melepaskan pandangannya sama sekali saat melihat gue yang sedang bicara. Gue ngga tau soal itu, karena gue bicara ke teman yang lain... salah satu teman gue yang bilang ke gue...

“mal, tau ngga kemarin itu pas kita ketemu Ecy pertama kali, dia ngeliatin loe terus...”
kata nadin ke gue.


Wah? Setelah mendengar penuturan nadin soal itu... gue berbicara dalam hati...
“Harus ketemu lagi sama dia nih”
**********

Nanti.

Dan memang, beberapa hari setelah itu gue kembali bertemu dengan Ecy, gue udah mulai berani tuk duduk tepat di sebelahnya, dan semakin sering iseng ke dianya... itu pertemuan kami yang kedua...

Malamnya, saat telponan...

“Ecy, kemarin malam ada denger kemal bilang apa ke Ecy?” tanya gue ke Ecy.
“hah? Ngga ingat, Ecynya udah tidur... emang kemal bilang apa? ”
terdengar jawaban dia yang dari ujung sana, sampai ke telinga gue.
“emmm... besok pas ketemu kemal bilang sama kamu.” Jawab gue tegas.

Dan memang, gue ketemu lagi sama Ecy keesokan harinya...

Tapi, gue belum mendapatkan momen yang tepat tuk bilang, apa yg sebenarnya gue katakan ke Ecy malam itu... jadi, gue urungkan niat tuk mengatakannya ke Ecy.

Sesampai dirumah, gue dapat SMS dari Ecy...

“kemal ngga bilang tadi... janjinya kalo ketemu bilang L ”
“iya... emangnya kamu udah siap kalo kemal bilang?” balas gue.
“emang apaan sih?” jelas, Ecy sangat penasaran.

“Selamat tidur Ecy,
Tidur yang lelap ya?
Mimpikan yang indah dalam tidurmu,
kamu ngga perlu khawatir, kemal ngga pergi, kemal ngga kemana-mana
kemal tetap sama kamu...
Love You Helsy

Itu yang kemal bilang ke kamu malam itu saat kamu udah tidur.”

“Gitu? ” balas Ecy
itu merupakan balasan yang buat gue garuk kepala! Gila aja, gue udah jujur begitu masa balasannya Cuma ‘gitu?’ oonnya anak iniiii!

“kemal telpon sekarang ya?”
“iya...”

Gue pun segera menelepon Ecy.

“jadi gini ya Ecy... mulai sekarang.
kamu ngga perlu sendiri lagi,
kamu sekarang sama kemal...
kamu jadi tanggung jawab kemal.
kita pacaran...”

“haa? Pacaran? Kapan?” suara Ecy jelas menggambarkan dia kaget. 

“errrrrrr... sebenarnya, kemal udah lama anggap kamu pacar kemal, kalo ngga kemal ngga mungkin beri kamu perhatian sebegitunya.
yaudah... sekarang, kamu sama kemal ya? Kita pacaran.
ya sayang? Udah dulu ya sayang...”

“ii.. iyaa...” ecy terbata-bata menjawab pernyataan gue.

Setelah itu gue kembali SMS Ecy...

“sayang... kenapa kemal ngga nembak kamu. Kenapa kemal ngga meminta kamu tuk jadi pacar kemal? Sayang... kita bukan lagi remaja Abege yang menjelaskan hubungan dengan mengucapkan ‘mau ngga jadi pacar aku?’ itu bakal membebankan kamu kan? Kamu bakal sulit menjawabnya, karena itulah... kemal langsung bilang. ‘kamu pacar kemal. Kita pacaran’ karena lelaki itu terlahir sebagai pemimpin, lelakilah yang mengambil keputusan...
karenanya. Sekarang. Kamu pacar kemal. Kita pacaran J”

Kurang lebih begitulah isi SMS yang gue kirim kan ke Ecy...

Dan memang benar, keputusan yang langsung gue pilih hari itu. Kami berdua memang sudah saling jatuh satu sama lain... dan beruntungnya, kami berdua saling bersambutan... dan tidak ada yang bertepuk sebelah tangan.

Jika belum seperti itu, tentu gue ngga bakal berani mengatakan itu ke Ecy...

Dan... inilah “Nanti” yang gue janjikan kepada Ecy.., yang sama sekali jauh dari hal yang Ecy pikirkan, yaitu gue pergi ninggalin dia. Bahkan Ecy memang udah berpikir kalo gue jatuh ke dia. Tapi Ecy tetap aja menolak berprasangka iya akan itu.
Yang ada di pikiran dia “Ngga mungkin”

Dia malah, jujur ke gue... setelah kami udah bersama.
dia mulai yakin sayang sama gue saat, tantangan 7 hari itu...
dan yang dia yakini, gue bakal pergi, bukan hanya pergi, tapi balikan dengan yang dulu.
“ngga apa ngga jadi milik kemal, kemal balikan sama dia juga ngga apa, yang penting kemal tetap temani Ecy. ”

Pemikiran Ecy memasukkan dia dalam keadaan. Jatuh cinta sendirian dan... Cinta tak harus memiliki karena sadar, dia ngga mungkin bisa.

Kembali gue jelaskan. 
“Inilah ‘Nanti’ yang kemal janjikan. Kemal tetap sama kamu...”
**********

Setelah melepas kebahagiaan satu sama lain... gue bilang ke Ecy 

“hubungan kita biar orang tau sendiri ya?”
“loh kenapa gitu sayang? Kalo orang ngga tau, nanti kamunya diambil orang...” gue ngakak baca isi SMS itu dari Ecy, dan memang... Ecy udah bilang kalo kami udah jadian sama si cong. Dan si cong pun langsung update PM, “ Congrats TKR & HUH ”

Dan memang, dunia gempar, SMS dari teman-teman pada merasuki hape gue, semua pada nanya kapan jadian bla bla bla... 

Masih pada hari yang sama, kami berdua bingung menentukan hari jadi kami, karena Ecy juga udah gue jelaskan... kalo gue udah anggap dia pacar gue dari jauh jauh hari..
gue nanya ke Ecy...
“hari jadian kita kapan jadi nih sayang?” tanya gue sama Ecy. *aneh ya pasangan ini?*
“ngga tau sayang, kamu maunya kapan?”
“kemal ngga ingat juga kapan tepatnya kemal anggap kamu pacar kemal...”
“yaudah, karena hari ini Ecy taunya kamu pacar Ecy. Ya hari ini aja.”

Ya, resmilah tanggal 12 Februari 2013. Sebagai hari jadi kami.
**********
...

Gue masih ngga nyangka, gue sekarang bersama dia.
kami ngga kenal satu sama lain... ngga pernah bertemu sebelumnya...
perasaan ini tumbuh begitu saja dari Tulisan.
kami berkomunikasi hanya sering melalu teks... via telepon sesekali.
apakah sekuat itu kemampuan kumpulan aksara tersebut?
hingga mampu menumbuhkan rasa yang biasa kita panggil Cinta?

Saat gue menjanjikan “Nanti” kepada Ecy, saat itu gue sedang meyakinkan diri gue, jika memang perasaan ini benar adanya... gue ngga ingin hubungan gue rusak lagi...

Semesta memang punya jalannya sendiri...
tulisan ini bukan sebuah karangan gue. Ini karangan semesta yang terjadi dalam kehidupan gue. Kalian bukan sedang membaca Novel Fiksi ciptaan dari karya, karsa dan rasa manusia, tapi bagi gue ini jalan Cerita yang semesta beri tuk gue. Gue hanya merangkainya kembali...

Apakah ini bisa di panggil Cerita Novel yang diangkat ke dunia nyata? 
**********
... 

Pernah pada suatu waktu, gue membaca sebuah mitologi yunani kuno di internet...

Diceritakan dulu semua manusia hidup dalam keadaan mempunyai dua kepala, empat tangan dan empat kaki... saat itu hidup sangat tentram, tidak ada rasa kesepian...

Namun suatu ketika, Dewa memisahkan satu tubuh tersebut menjadi dua tubuh... keduanya berbentuk seperti manusia pada umumnya, satu kepala... dua tangan dan dua kaki. Hanya saja mereka mempunyai separuh hati... maka Dewa memerintahkan mereka tuk mencari separuh hati mereka itu... karena saat Dewa memisahkan tubuh tersebut, Dewa memencarkan keduanya...

Karena itu, sekarang kita disuruh untuk mencari separuh hati kita yang entah dimana keberadaannya... teruslah mencari, tak perlu putus asa saat melihat yang lain sudah saling memiliki... kita punya separuh hati lagi yang memang di takdirkan untuk mengisi kekosongan itu.

Begitulah kira-kira mitologi yunani kuno tersebut. Itu mitos , tidak untuk di percayai... tapi, coba ambil pelajaran didalamnya... 

Semoga Dia separuh yang hilang dulunya.

**********

Walking around downtown!

23 Februari 2013...

Ini hari dimana pertama kali gue dan Ecy jalan-jalan menghabiskan malam minggu berdua, karena kami pasangan yang anti-mainstream, kami bedua punya ide tuk jalan-jalannya itu keliling pusat kota dengan berjalan kaki.

Sehabis maghrib, gue langsung memacu motor gue tuk menjemput Ecy, baiklah. Tuan putri sudah bersama gue, saatnya berangkat.
saat tiba di pusat kota, gue memarkirkan motor di sebuah area parkir pusat permainan keluarga di kota ini, kebetulan tempat tersebut langsung terhubung dengan sebuah restoran cepat saji... dari pada mutar jauh-jauh, kami keluar dari sana melalui restoran tersebut, sesampai di jalan raya,

“sayang, minta fotoin yuk?” tanya Ecy ke gue
“hah? Minta fotoin sama siapa?” jawab gue bingung
“ama abang tukang parkir itu sayang...”
“ih? Ngga ah malu sayang -.-”
“ah ngga apaaa...”

Dengan pede meter menunjukkan ke 1000. Ecy meminta juru parkir itu tuk fotoin kami...

Jepret! *blitz kamera*

“yeee udah ada foto polaroid sama kemal, yeyeyee” ujar Ecy kegirangan

Setelah itu kami kembali menyebrangi jalan tuk melanjutkan perjalanan kami, ditengah perjalanan Ecy mengeluh...

“sayang jalannya cepat kali... udah tau kita kaya gini” *muka ngambek*
“iyaaa, ini di pelanin deh jalannya...” jawab gue sambil menggandeng tangannya

Dan setelah kami tiba di tempat tujuan... mengecewakan. Tempatnya penuh, kami ngga kebagian kursi :/

“penuh sayang, kita ke sana aja ya?”
ujar gue sambil menunjuk ke arah jalan raya yang di sana banyak menjual jajanan malam, seperti sate, nasi goreng dll.

“boleh sayang, :)”

Untuk menuju tempat itu kami harus melewati gang yang lumayan gelap, Ecynya takut... gue ingat banget raut wajahnya itu. Menggemaskan!

“udah, ngga usah takut, udah sama kemal juga” kata gue meyakinkan dia seraya mempererat genggaman tangan gue.

Setelah sampai di sana, kami bingung mau makan apa...

Setelah kesana-kemari mencari, keputusannya kami makan sate malam itu,

“kamu pake lontong sayang?”
“pakee.. laper kaliii niiih” jawab Ecy sambil memegang perutnya.

“yaudah bang, sate jawa satu pake lontong, satu lagi sate jawa bumbu padang ngga pake lontong.” Kata gue ke penjualnya

Setelah pesanan datang, Ecypun makan dengan lahapnya, keliatan banget dia lapar :D
setelah selesai makan, kami pun kembali berfoto-foto ria, beberapa foto polaroidnya ada hangus. Yaudahlah ngga apa, kami terus melanjutkan foto-foto menggunakan kamera hape gue, setelah puas. Kami pun memutuskan tuk kembali perpetualang...

Sepasang kekasih yang bergandengan tangan, dan dua pasang kaki itu kembali menjajaki jalanan kota yang berdebu itu,
sesekali Ecy mengisyaratkan ke gue agar lebih ke pinggir... takutnya kesambar mobil ntar.

Setelah puas menapaki jalanan kota dan mengumpulkan koleksi foto baru... kami memutuskan tuk pulang, dan juga jam sudah menunjukkan pukul 10 malam,

“sayang, ngga apa nih telat pulang kamunya?” tanya gue ke Ecy
“ngga apa kok, udah bilang sama nenek,” jawabnya tenang ke gue. Karena saat itu kedua orang tuanya sedang umroh, jadi yang jaga dia dan adik-adiknya. Nenek dan kakeknya.

Setelah melepas rindu dan keseruan malam itu... kami pun pulang, dengan perasaan yang sudah siap menahan rindu kembali, 

Ya... malam itu, sepasang kekasih ini bahagia dengan sederhana... sesederhana menapaki jalanan kota, bergandengan tangan.... Ya... memang, bahagia itu sederhana. 
**********


My Birthday wish...

Bulan kembali berganti... sudah masuk bulan kelahiran gue. Maret.

Momen indah juga terlukis disana...

Tanggal 2 Maret.
malam itu gue ngga nyangka sama sekali bakal dapat kejutan lagi dari kakak gue, ngga kebaca lagi tanda-tandanya... saat itu gue lagi sama abang sepupu gue, nonton bola. Ngga tau deh siapa yang main. Ngga nonton gue, sibuk sendiri...

Malam itu pun gue SMSan sama Ecy cuma sebentar, setelah itu dianya tidur... :/
padahal rencananya malam itu gue ingin telpon Ecy tuk melepas rindu. Tapi ya... abang sepupu gue pun pulang dari nonton bola ngajak gue tuk temani dia ketemu temannya, padahal itu waktu udah menunjukkan pukul 12 kurang.

“adoooh. Ada kemungkinan ngga telponan sama ecy nih.” Gue mulai gelisah

Terus dia bawa gue ke sebuah tempat di kota ini yang di sana, merupakan pasar persaingan sempurna... semuanya menjajakan jenis makanan yang sama, tapi banyak jenisnya... baiklah.

Abang guepun memilih tempat duduk, ngga berapa lama dia duduk sebentar, dia bilang ke gue mau nelpon temennya itu yang mau ketemu sama dia. Dia pun pergi kearah jalan... ngga lama setelah itu gue melihat ada yang janggal.

“kampret! Gue dikerjain”

Gue melihat dari kejauhan kakak gue sambil membawa kue beserta lilin diatasnya, dan beberapa temannya berjalan ke arah gue.
mereka pun saling mengucapkan selamat ulang tahun tuk gue...

Jam sudah menunjukkan pukul 12 lewat.

“ih? Masa Rainbow cake? Ngga laki kali kuenya ” gue nyerocos ke kakak gue.

Hahahaha. Terserah deh, terima kasih tuk kakak, abang sepupu gue dan teman-temannya yang lain udah beri kejutan tuk gue malam itu. Beta senang... 

Ngga lama setelah acara pemotongan kue yang-ngga-laki-banget itu, gue mendapat beberapa mention dari temen gue yang juga ikut mengucapkan Selamat ulang Tahun tuk gue. 

Dan, ternyata Ecy belum tidur. Terselip satu mention dari Ecy yang berasal dari SoundCloudnya, yang berisi ucapan tuk gue...

Berhubung gue ngga punya appnya gue berencana buka link itu nanti via laptop. Tapi gue penasaran...
gue memutuskan untuk download app nya di PlayStore. Setelah berhasil terinstall...

Gue langsung buka profil SoundCloudnya Ecy, ya... gue menemukan yang gue cari,
gue pun menekan play.

...

...

...

Gue mendengar suara seorang perempuan sedang menyebut nama gue, membacakan beberapa wishnya tuk gue...dan ucapan yang ngga pernah gue dapat sebelumnya...

Suara itu sukses, membuat kolam di pelupup mata ini. 
**********

Keesokan harinya... gue belum beranjak dari pelukan kasur gue...
jam menunjukan pukul 9 pagi. Gue langsung membalas ucapan selamat pagi dari Ecy di LINE gue.

Udah hampir dua jam gue bangun...

Gue masih aja golek-golek di kasur hingga hape gue berdering, ada sebuah SMS masuk, bukan dari Ecy... tapi dari Ayah.

“Hari ini jam 11 wib 19 tahun yg lalu,
ampon kemal lahir kedunia, disambut dgn suka cita keluarga
dgn doa semoga menjadi anak yg shaleh dan menjadi anak yg membanggakan orang tua dan keluarga, selamat ulang tahun anakku, doa dan kebaikan selalu menyertai,
amin ya rabbal alamin”

Gue ngga tau harus berkata apa saat itu, yang gue tau... kembali... kolam itu terbentuk di pelupup mata gue, tapi kali ini gue ngga bisa menahan tekanan airnya...

Setiap kali gue membaca pesan singkat itu...

Masih sama, bahkan... saat gue menulis kembali pesan singkat itu di sini...

Kolam itu terbentuk lagi...

Dad... I love you... 
**********

Sorenya...

Ecy mengatakan bahwa nanti malam dia pergi ke acara keluarga besarnya, dia malas pergi sendiri, dia berniat tuk ngajak gue ikut sama dia.

“what? Ketemu keluarga besarnya? ” gue ngga tenang.

Gue bilang ngga berani, dan alasan semacamnya... ecy pun mengatakan...
“yaudah deh kalo kamu ngga mau pergi sayang J”

Dengan sukses, itu buat gue ngga enak, dan gue pun meng-iyakan tuk ikut bareng Ecy.

Malamnya, gue pun bergegas menjemput sang putri di kediamannya...
malam itu dia cantik, dan tentu. Wangi...

Kami pun berangkat ke tempat yang di maksud, namun... ada perubahan rencana, Ecy mendapatkan telepon dari yang gue ngga tau siapa, katanya tempatnya di ganti ke sebuah restoran dekat dermaga di pinggir kota ini.

Kami pun kembali bergegas menuju kesana...
sesampai di sana, suasananya sepi...

“kok sepi amat? Katanya acara keluarga? Keluarga besar pula tuh kan?” pikir gue..

Sepertinya ada yang aneh...

Tapi dari gerak-gerik Ecy ngga menunjukkan hal yang aneh...
baiklah, gue ikuti aja deh...

Malam itu... Ecy duduk di depan gue, kerjaan gue cuma memandangi dia aja... gue ngga ingin malam ini cepat berlalu... walaupun kami berdua banyak diam. Tapi itu ngga masalah... seolah kami berbicara satu-sama lain melalui genggaman tangan... udah lama tangan ini ngga ada yang menggenggam, lama tangan ini kesepian, temannya hanya grip motor, hape, dan barbel. Sekarang, gue punya sepasang tangan yang selalu gue rindu, ya... genggaman tangan yang hangat, menenangkan. Ya. Sekarang kebahagiaan yang gue punya, punya tempat untuk berbagi.

Saat gue sedang berbicara ringan sama Ecy, tiba-tiba ecy mengisyarat kan ke gue tuk melihat ke belakang...dan memang, firasat gue ternyata ngga salah.

Sekarang di hadapan gue ada sepasang anak manusia yang sangat gue kenali, dia adik sepupu gue dan pacarnya si cong, mereka membawa kue yang berhiaskan sebuah lilin yang menyala diatasnya. 
Gue melihat kearah Ecy, ya... gue bisa lihat, dia lumayan kecewa dengan surprise yang dia beri tuk gue malam itu... bagi gue, ngga... itu udah sangat berarti tuk gue, ngga perlu ada kue pun, berbicara hanya berdua pada malam itu, dengan Ecy. Itu sudah lebih dari cukup tuk jadi kado ulang tahun gue. Karena memang, gue ngga butuh benda. Gue butuh seseorang... bukan karena gue ngga bahagia, tapi karena... gue bosan berbahagia dengan diri gue sendiri terus, kebahagiaan gue bakal lebih lagi jika punya tempat tuk berbagi... ya, sekarang gue punya tempat itu. Dia. 
**********

...

Saat gue memutuskan tuk bersama Ecy, gue buang semua sifat jelek gue saat dalam relationship. Semua hal yang selama ini jadi penyakit dalam hubungan gue sudah gue bakar, saat pemikiran gue mulai jernih, pernah terlintas dalam pikiran gue, kenapa ada saling menyakiti... jika memang keduanya saling menyayangi?

Menurut pemikiran gue, karena kita merasa... dia itu milik kita sepenuhnya, sehingga tanpa di sadari, ngga ada lagi perasaan menjaga, karena mungkin saja kembali lagi: tanpa di sadari, timbul anggapan, “ah, ngga mungkin dia ninggalin gue” saat itulah di mana hati dan pikiran tak sejalan. Lupa bahwa kita ngga pernah memiliki apapun itu sepenuhnya, bahkan kita tidak pernah memiliki diri kita sendiri secara penuh, apa lagi pasangan kita.., semua bisa kapan saja pergi, karena itu kita di tuntut untuk menjaga(jika kalian tau menjaga yang baik itu seperti apa)... jelas, ngga ada namanya saling menyakiti. Hingga perpisahan pun hanya datang di kala maut menjemput.
********** 

The power of wish.

Ecy punya hobi unik, yaitu... mengoleksi ratusan wish. *sepertinya*
setiap masuk bulan baru, selalu saja ada wish baru dalam waiting wish listnya, semua itu di tempel di dinding kamarnya, pernah suatu waktu saat kami sedang telponan, gue mengatakan kekurangan gue sama dia. Saat itu... “Nanti” masih sangat jauh.

“cewek itu... mengidam-idamkan cowok yang bisa main musik ya? atau, setidaknya bisa main gitar gitu ya? berarti kemal buka dong ya? Kemal ngga bisa main satupun alat musik soalnya”
tanya gue ke ecy saat itu.

“ngga juga, Ecy ngga penting itu. Bagi Ecy cukup bisa liat sunset bareng cowok yang Ecy sayang, dia udah lebih dari apa pun.” Jawab Ecy menanggapi.

“Cuma liat sunset bareng kamu doang?” 
“iya... dari SMP Ecy wish hal itu. Sampai sekarang belum terwujud.”
**********

Kamis, 21 Maret 2013. 

Hari itu gue mendapat kabar bahwa semua mata kuliah gue, dosennya ngga masuk. Well ini hari libur! Ini sebuah berkah. Harus di nikmati dengan sangat bijaksana. Baiklah gue pun memilih tuk tidur seharian.

Sorenya, jam 3 an gitu, gue bangun dari tidur yang panjang.., gue cek hape dan isinya Ecy hari itu mau pergi sama si cong nyari makanan gitu, Ecy ngajak gue... ngga tau kenapa gue sensi banget hari itu, kaya cewek lagi PMS.
gue bilang ngga mau ikut, nanti dicuekin lagi sama Ecy.
Ecy terus aja bujuk gue tuk ikut, gue bersikeras. Ngga.
sms terhenti disana,

Tiba-tiba, Ecy SMS gue lagi...

“sayang, Ecy mau kelaut ya sama si cong. Mau liat sunset.”

Awalnya gue ngga balas, tapi ngga tau kenapa tiba-tiba gue pengen banget ketemu si gadis itu.
gue langsung bersiap-siap tuk nyusul dia.

*tuut**tuut* “halo, kalian mau kelaut mana? ” gue menelpon Ecy,
“ya mal? Ecy lagi bawa motor, laut yang biasa kami pergi mal.” Ternyata si cong yang jawab.
“iyaa gue tau, dimananya?”
“ujungnya mal.”
*tut...* gue mematikan telpon dan langsung menuju ke lokasi mereka,

Sesampai disana gue masih bingung dimana keberadaan kedua anak manusia itu, gue kembali sms Ecy

“kamu udah nyampe?”
“udah nih sayang..”
“dimananya?”
“di dekat orang main bola nih.”

Setelah itu gue langsung ke sana tanpa membalas lagi SMS dari Ecy.

Sesampai di tempat yang di maksud, gue ngeliat Ecy duduk di sebuah batu, sambil melihat kearah laut. Dan si cong di belakangnya mengisyarat gue tuk diam aja.
“sssstt lagi curhat” ucap si cong tanpa suara, hanya mulutnya aja yang bergerak

Oke gue paham. Gue pelan-pelan duduk sebelah si cong dan memperhatikan setiap kata yang Ecy ucapkan ke laut awan dan angin.

Setelah gue kira cukup memerhatikan dia, gue kembali meng SMS Ecy.
“di mananya?” agar Ecy melihat ke sekitar ...

Begitu dia memalingkan wajahnya ke arah kiri,...

“eh.. kok? Udah lama? Ih? Kaya di film-film... udah lama dia datang cong?”
ujar Ecy kaget, sambil bertanya ke si cong.

“Ngga tau.” Jawab si cong sambil meneruskan makannya.

Gue cuma senyum ngeliat tingkah lucunya Ecy... 
**********

Warna langit mulai jingga, bulatan oranye itu mulai turun dan mendekati garis horizon..
gue mengisyaratkan Ecy tuk melihat ke arah matahari,

“ih... bagus kali. Pokonya hari ini harus bisa liat sunset!”

Gue ngga banyak bicara hari itu.

Tapi ternyata, awan menghalangi terlihatnya matahari terbenam kala itu.

“sunsetnya ke tutup awan sayang, udah.. pulang yuk? Hampir maghribn juga nih”
kata gue ke Ecy.

“ngga mau... pokonya liat sunset”
jawab Ecy dengan wajah kecewa melihat awan kembali mengahalangi terwujudnya wish yang sudah bertahun tahun dia simpan.

“cong, bawa pulang motor Ecy ya? Biar aku yang antar Ecy.”
kata gue ke si cong yang kebetulan dia mau duluan pulang, ada perlu.

“udah sayang, yuk pulang, hampir maghrib loh ini.”
gue kembali mengajak Ecy pulang,
dan tanpa menjawab apa-apa Ecy langsung naik ke motor gue...

Setelah beberapa ratus meter dari tempat tadi.

Keajaiban muncul...
lingkaran oranye itu terlihat sempurna tanpa cacat tepat di hadapan kami.

“sayang! Pelan-pelan! Lihat tuh mataharinya!” seru Ecy.

Gue ngga menjawab, setelahnya gue memberhentikan motor...
dan menikmati pendaran warna jingga yang keungu-unguan itu menghiasi langit tepat di atas garis horizon.

Sesekali gue melihat ke wajah Ecy... dia tak berkedip. Matanya terus mengagumi keindahan lukisan semesta itu.

“kamu lebih indah sayang...”
batin gue seraya terus memandangi wajahnya yang masih diam terkagum.

Setelah puas melihat Sunset yang sempurna itu, gue kembali melajukan motor gue, 

“aaaa sayang... senang kali Ecy! Akhirnya bisa dicabut juga wishnya!”
kata Ecy sambil bersandar di pundak gue.

Dan saat itu pula, wish yang pernah dia tulis terwujud, momen yang sederhana, hangat, indah. Memang sederhana... tapi, manis. Matahari yang jingga... lingkarannya sempurna, tidak cacat.

Ini benar-benar hari yang manis, mirip secangkir teh, yang tidak terlalu panas, hangat. Dengan sebongkah gula batu yang perlahan larut. Manis yang sederhana. mirip senyumannya yang terus tersungging. Hingga gue mengantarkan dia pulang.
**********

Inilah kedaan yang pernah terlintas dalam benak gue,
“Aku ingin mengubah dunia dengan tangan ini. Namun Aku sadar, Aku terlalu kecil untuk mengubah dunia... tapi... sepertinya, Aku cukup besar untuk mengubah dunia seseorang, yang di mana saat itu, Akulah dunianya.”


0 komentar:

Posting Komentar