Sepenggal Cerita

by 23.56 0 komentar
3 maret, katakanlah gue lahir tahun seribu sembilan ratus sembilan puluh empat. *Panjang ya*

gue lahir di Seulimum sebuah kampung kecil dikaki gunung Seulawah, orang-orang lebih kenal dengan sebutan Peukan Seulimum.
Alhamdulillah, gue lahir dengan keadaan normal
Gue dilahirkan oleh Ibunda Cut Intan, nama Ayah gue adalah Teuku Raden Sulaiman T.A
Mungkin beberapa orang mengira ayah gue keturunan darah jawa karena nama itu.
Ngga. Beliau darah Aceh Asli.
Mereka berdualah yg memberikan nama Teuku Kemal Rianda ini ke gue.
Dari kecil gue anaknya cengeng, penakut, lemah *namanya juga anak kecil*
gue punya kakak,  namanya Cut Jehan Rianda.
Berhubung ini cerita tentang gue, gue ngga bahas dia lebih lanjut. ._.V
lanjut dari yg sebelumnya,
cengeng, ini salah satu sifat yg paling ayah ngga suka dari gue.
Dikit-dikit nangis, nangis kok dikit dikit?
biar ngga terlalu tegang bacanya sambil denger lagu aja *setel JKT48-Heavy Rotation*



Ayah tipikal orang yg tegas, dan disiplin banget.
Pernah dulu kami sekeluarga pergi ke pesta gitu.
Namanya juga masih kecil, gue lari sana sini.
Ayah ngga suka ngeliat tingkah gue yg begitu, beliau langsung melotot ke arah gue, dan dengan takut gue ngerti, ayah marah.
Langsung, gue duduk di sebelah beliau, dan nyiiiiit, cubitan kecil mendarat dengan selamat di pinggang gue. Gue mau nangis saat itu, tapi ya... kalo gue nangis, ntar dirumah bakalan lebih lagi yg gue dapat.
Karena didikan ayah, gue jadi gerem sendiri ngeliat anak anak yg lasaknya luar biasa,
Apalagi, udah di rumah orang, tetep aja ngga bisa diam, lari sana lari sini, bisulan apa itu anak pantatnya? Dan orangtuanya ngebiarin!
Sumpah deh gerem gue liat anak anak yg begitu,
Bukan berarti gue ngga suka ama anak-anak, gue seneng sama anak-anak yg perangainya itu baik, ngga lasak.
Itu salah satu didikan kedisiplinan ayah ke gue,
Hidup gue kecil menurut gue bahagia, tapi ngga sebahagia temen-temen gue kayanya, setelah gue denger cerita masa kecil mereka,
Ternyata, hidup gue ada yg pahit banget!
Itu saat gue kelas 3 SD,
Ayah dan nyanyak *gue panggil ibu gue dengan sebutan nyanyak* bertengkar hebat saat itu, pokonya gue pulang sekolah, keadaan rumah ngga stabil, (semua juga pernah ngalaminnya bukan?)
Meja makan udah terguling, mikir sendiri deh gimana.
Gue ngga tau itu kenapa, gue dengar orang tua gue ribut hebat dikamar, nyanyak nangis.
Gue ngga tau harus ngapain, gue cuma diam bego.
Yg terpikir di pikiran gue saat itu, mungkin kalo mereka ngeliat gue ngga bernapas lagi, baru mereka diam.
Oke, gue ambil rantai yg ada di dompet gue saat itu, gue lilit dileher, terus gue tarik kenceng dengan kedua tangan gue, dan yg terjadi adalah, gue kehabisan napas, dan pingsan.
I'm still alive.
Karena gue merasa gagal. Gue milih keluar dari rumah, dan pergi main-main sama temen depan rumah berharap bisa bikin lupa dengan kejadian yg barusan gue alami.
Look? Itu gue baru kelas 3 SD.
Pertengkaran mulai reda, selang beberapa hari.
Tapi, ngga selesai di guenya,
Gue ingat itu pertama kalinya gue diusir dari rumah karena PS ya! Karena console game yg bernama PlayStation!

Ceritanya berawal dari ayah sama nyanyak mau ke pasar deh kalo ngga salah, gue ditinggal, gue minta jajan lah ya kan?
Setelah beberapa saat mereka pergi, temen depan rumah gue ngajak ke rental PS, oke gue ikut, gue kunci rumah, dan berangkat, jaraknya ngga begitu jauh, cuma selang 3 lorong dari rumah gue.
Setelah gue main beberapa puluh menit,
Inilah awal masalahnya. tiba-tiba ayah datang, ntah darimana ayah tau gue di situ, dan ternyata, anak tetangga yg ngga ikut sama gue yg lapor gue di rental PS. Damn!! -.-
Ayah langsung narik gue keluar, gue diseret masuk ke mobil, dan ternyata ayah milih pulang lewat jalan mutar yg lebih jauh,
Ternyata supaya beliau punya waktu untuk marahin gue, yg gue kepikiran kenapa kok cepet amat mereka pulangnya? Rupanya ayah ada urusan mendadak, dan harus pulang, guenya ngga dirumah, kan kunci gue bawa tuh, dan lagi, ada kesalahpahaman, ayah ngira gue minta jajan tuk main PS, padahal uang itu beneran gue pake tuk jajan sebelumnya, uang main PS itu uang yg gue temuin di kantong celana SD gue. Itu yg buat ayah marah, beliau kira gue bohong.
Selama di jalan pulang, dalam mobil gue dapat berkali-kali cubitan, dan pukulan. Aneh, gue ngga nangis. Gue cuma diam. padahal gue masih cengeng saat itu
Sampai dirumah, nyanyak langsung marah juga, kaki gue kena cubit lagi berkali kali. Gue diam... terserah deh mau apain lagi,
Setelah amarah nyanyak reda, nyanyak ninggalin gue sendirian di bawah, gue cuma diam dan duduk di tangga. Ngga gue sangka sangka, ayah datang dengan ngebuka amplop yg isinya lembaran uang pecahan 100.000! Dari atas ayah lempar semua uang itu ke gue. Banyak!
Uang-uang bertaburan. Gue ngga tau harus ngapain. Ayah masih marah marah dan bilang "Keluar dari rumah ini! Ayah ngga butuh anak pembohong kaya kamu! Nih uang ambil! Hidup sendiri aja sana", setelah itu ayah pergi ninggalin gue sendiri, gue ingat bener kata kata itu, gue cuma ngutip uang yg udah berserakan di lantai, gue susun lagi. Gue taruk di sebelah gue.
Efek meletus balon hijau terasa banget!  "Hatiku sangat kacau! "
Gue beranikan diri tuk masuk kamar, dan ninggalin segepok uang itu. Gue ngga berani keluar dari rumah, walaupun ayah udah ngusir gue.
Kembali lagi, saat itu gue masih kelas 3 SD.
Bayangkan sendiri teman.
Sebenarnya gue tiga kali diusir dari rumah ini,
Ini yg kedua.

Karena sepeda.
Gue ngga punya sepeda dulu, saat itu gue kelas 5 SD.
Masalah nya sama, gue ngga dirumah, saat ayah pulang, gue main main pake sepeda temen gue, ayah nyari gue di sekitar SD dan ketemu.
Dan sama, di.mobil gue dimarahin dicubit dll.
Sampai dirumah sama juga, selesai kena marah, gue diusir lagi, sambil dilempar uang. Ayah ngga suka anaknya mainin barang yg bukan milik sendiri. Apalagi sampai ngga pulang-pulang.
Itu yg buat ayah marah kali saat Itu.

Yg ketiga, karena motor.. saat itu gue kelas 2 Mtsn
Ceritanya gue sore itu mau pergi latihan karate.
Tapi ngga tau pergi naik apa, ngga ada yg antar, ayah sama.nyanyak ngga dirumah.
Dan saat itu gue ngga punya hape. Ngga tau harus hubungi mereka kemana,
Gue ngeliat motor ada dirumah, gue nekat bawa motor supaya bisa ke tempat latihan.
Dan, masalah pun dimulai, sesampai ayah dirumah,  ayah kaget, anak ngga ada dirumah, motor pun ngga ada, mau nyari ngga tau kemana.
Ayah (lagi-lagi) marah besar!
Dan sesampai dirumah, ayah udah nunggu gue. Tentu, gue kena marah habis-habisan! Gue ditarik paksa tuk masuk kamar, ayah nyuruh gue kemasi semua baju, tentu gue ngga berani ngapa-ngapain. Gue diam aja.
Dan lagi lagi ayah datang bawa segepok uang, pecahannya masih sama Rp.100.000 dengan stnk motor.
Seraya ngusir gue (lagi) dari rumah.
Ayah marah! Kecewa! Sama gue yg ngambil sesuatu itu tanpa ijin, yg ada buat ayah khawatir, panik.
Keras, tegas, itu didikan ayah yg bener-bener ngebentuk gue kaya sekarang.
semua pengusiran-pengusiran ayah ke gue ternyata punya pelajaran. (kalo kalian pada baca baik baik, pasti pada tau kan? )
Dari kelas 3 SD, gue udah ngerasa gimana masalah keluarga, diusir berkali-kali, saat itu gue ngga nangis sama sekali, tapi, kalo diingat lagi, sedih.
Gue ngga sanggup nahan air mata.
Berat bener sih hidup loe kem?
Gue ngga berani nangis depan ayah, takut kena marah,
Pernah pas SD gue berantem sama temen karena ngejek-ngejek nama orang tua, benci kali gue ama hal ini.
Gue berantem! Gue menang! Tapi gue nangis!
Ayah marah ngeliat gue nangis karena berantem, ayah bilang begini ke gue "ayah ngga larang kemal berantam kalo memang dia yg mulai duluan, tapi jangan nangis! "
Oke! Gue ingat bener itu kata kata,
Besoknya berantem lagi. Gue ngga nangis lagi.
Ngga ada lagi kemal yg cengeng semenjak Itu
Mungkin, kalo ayah ngga ngedidik gue dengan cara itu, gue ngga bakal jadi kemal yg sekarang.
Berkat dukungan penuh dari ayahlah, gue bisa ngedapatin sabuk.hitam di karate.
Ayah ngga masalah guenya terkilir tangan, kaki, pinggang, tulang rusuk merapat,.sendi  belikat kanan lepas dll. 
Ayah tetap dukung gue! Ayah mau ngeliat anaknya kuat.

pernah juga, gue kecewa dengan sikap ayah,
ini karena dirumah ini cuma gue yg bisa "ngeliat hal-hal yg orang lain ngga ngeliat"
ini bukan bawaan lahir, ini karena kecelakaan, (menurut gue)
kejadiannya karena gue sering main ke belakang rumah gue yg ada kaya rawa gitu, disana banyak tumbuh tanaman kangkung, dan masih sampai sekarang,
saat gue lagi main main sekitar situ, ternyata gue kerasukan, umur gue masih TK kalo ngga salah,
gue pulang kerumah dengan keadaan setengah sadar, yg gue ingat, muka gue panas banget saat itu,
gue sakit, demam tinggi beberapa hari udah di beri obat ngga sembuh sembuh, ternyata sang "makhluk" itu belum keluar, ayah ngerasa ini bukan sakit biasa, ayah sama nyanyak ambil inisiatif tuk ngerajah gue, gue dibawa ke tempat kakek yg kami manggilnya "chik chat"
setelah sampai disana, gue di jampi jampi, ntah kenapa kejadian ini gue ingat banget.
gue ingat saat kakek itu nekan jempol kaki gue, ngebasuh muka gue pake air yg udah di bacain doa, dll
gue sembuh! tapi, ada tapinya, karena hal itu "istilahnya" mata batin gue kebuka, dan itu terbuka permanen,
so? taukan gimana jadinya? yes! gue punya banya temen yg "hanya" gue yg bisa ngeliat mereka,
selang beberapa tahun setelah sakit itu, gue biasa aja, karena "belum" ngeliat yg "menakutkan" bagi gue,
orang rumah anggapnya gue punya imajinasi yg tinggi, karena itu sering ketawa sendiri, bicara sendiri
tapi, saat gue kelas 5 SD kalo ngga salah. itu awal gue bisa ngeliat "makluk" yg lebih tua, dan tentu lebih menakutkan. (hantu itu ngga ada, yg gue liat selama ini "Jin" yg punya rupa macam-macam
jadi gue bakal sebut mereka "jin" sekarang,)
gue ketakutan sendiri, paranoid. gue ngadu ke nyanyak, nyanyak takut, karena rupanya tingkah aneh gue itu bukan karena khayalan gue, tapi ayah ngga percaya, ayah bilang itu halusinasi gue.
belakangan ini gue tau, ayah percaya, dan ayah ternyata takut juga. -___-
ayah bilang begitu karena pengen guenya berani,
dan memang. semenjak gue denger ayah ngga percaya kala itu, gue jadi berani, gue mau buktiin ke ayah gue ngga berhalusinasi.
Gue sadar, ayah ngga ada bermaksud keras, tegas dan disiplin hanya untuk menyiksa anaknya. Ayah begitu untuk ngedidik gue.
Memang, gue ngerasa terlalu keras didikan itu untuk gue, tapi. Mental gue bener bener ayah latih!
Thanks alot dad, mom!
Love you!
Mungkin ada beberapa dari temen temen yg pola didiknya lebih berat dari gue, sangat-sangat berat malah!
Orang tua ngga ada bermaksud untuk menyiksa anaknya,
semua orang tua sayang sepenuhnya sama setiap anaknya.
Semua itu untuk kebaikan kita juga teman.
Yg ngga pernah ngerasa hal yg kaya gue, ngga pernah diusir, dilempari uang, dll.
Bersyukur, kalian masa kecilnya  lebih bahagia berarti, bukan berarti gue ngga bahagia dengan keluarga ini, tentu gue bahagia. Dengan cara keluarga gue sendiri tentunya.



Sekolah pertama itu adalah rumah, guru pertama itu adalah orangtua kita, ilmu pertama yg kita dapat bukan dari TK, SD dll. Melainkan keluarga. Bagaimana didikan yg didapat disana, itulah yg ngebentuk diri dan kepribadian kita.
Jaga hubungan baik dengan orangtua teman, mereka sudah.merawat dari sebelum kita lahir, setiap malamnya orangtua kita tidur telat, hanya untuk menjaga lelapnya tidur kita, supaya ngga ada seekor nyamukpun yg ganggu,
Mereka rela nahan lapar, bahkan berbohong bahwa sudah kenyang, supaya kita bisa makan saat makanan pun yg ada seadanya.
Ngga mampu kita balas pengorbanan ayah, ibu kita.
Mereka ngga berharap kita membayar semua Itu, mereka hanya ingin anak yg berbakti, itu aja.
Selagi ada waktu teman, ucapkan terima kasih.
Ingat pesan mereka,
Satu pesan nyanyak yg pernah beliau beri ke gue, "jaga hati perempuan ya sayang, nyanyak perempuan, kalo kamu sakiti hati perempuan, itu sama aja kamu sakiti hati nyanyak "

kata kata iu selalu terlintas saat gue mencintai seseorang.
dan sepertinya, kali ini gue gagal lagi untuk ngejaga perasaan seseorang itu. :) *ceritanya nyasar dikit ngga apa kali ya*
hubungan gue yg terakhir udah usai, masalah demi masalah yg buat kami harus memutuskan hubungan itu, *mulai curcol*
itu bukan keputusan gue, namun dari dia, gue terima, gue hargai keputusan dia,
walaupun hubungan kami berakhir,
gue masih sangat sayang sama dia, gue disini nunggu dia merubah pikiran dia, dan mau memperbaiki hubungan kami ini,
ntah sampai kapan gue harus menanti dia, dia udah bilang, jangan tunggu dia, gue bisa dapat yg lebih baik dari dia... selalu itu yg ada diucapkan ke gue saat gue minta dia kembali.
dan gue juga selalu bilang ke dia, gue cuma sayang sama dia. gue ngga butuh perempuan lain. ntah lebih cantik, sempurna dll. apa gue bisa nyaman dengan itu semua?
ngga. gue udah teramat sangat nyaman dengan kehadiran dia selama ini dalam hidup gue,
terlalu banyak yg udah kami lewati sama-sama,
mulai dari dia beri surprise untuk ulang tahun gue, sampai kami gapai cita-cita sama-sama. yaitu lulus SNMPTN. gue bisa lulus juga karena semangat dari dia, gue jadi rajin belajar juga karena dia, dia selalu ada disamping gue. sekarang? saat dia milih untuk melangkah menjauh dari gue dan memilih untuk sendiri dulu.
dan apa yg gue rasa? gue merasa ngga bisa ngelakuin apa-apa... gue udah terbisa dapat semangat dari dia.
gue loser? terserah.
perlahan gue mulai membiasakan diri dengan hari-hari tanpa ucapan Selamat pagi dari dia, dorongan semangat dari dia, candaan dia, banyak!
yg gue tau cuma 1. gue rindu itu semua, sangat!
gue nyesal. udah buat dia ngga betah karena sikap gue yg egois ini.
gue sangat berharap diberi kesempatan sama dia, gue ingin memperbaiki semuanya.
memulai semua dari NOL. membangun lagi kepercayaan dia ke gue, buat dia betah lagi, dan tentu, menjaga perasaan dia.
sekarang ya itu. gue hanya bisa menunggu dia disana merindukan gue disini, yg selalu. merindukan dia tuk kembali.

Jika kamu baca tulisan ini sayang.
mungkin kamu bosan, dengan kata-kata ini. tapi memang benar adanya.
"kemal sangat merindukan Kita"

tuk teman gue yg sekarang punya pacar/kekasih hati.
jaga perasaannya, ini buat semua, mau cewek ataupun cowo
pengalaman gue pahit dalam hal ini,
gue memang sering gagal...
tapi gue belajar, setiap hubungan itu bukan tentang "AKU" atau "KAMU" tapi "KITA"
pengertian, saling mendengar, menyelesaikan masalah tanpa emosi, berikan surprise kecil untuknya, jaga komunikasi, ngga pake #kode-#kode'an, apapun masalahnya, bicarakan! bukannya ngetwit nomention terus nge #kode tuk dia, setiap orang beda, kalo dia ngga ngeh? kesel kan? apa sulitnya bicara langsung? :) dan... jika kalian punya masalah sama pacar/pasangan kalian tetap hargai dia selayaknya, masalah kalian cukup kalian yg tau, ngga harus ngewit apa masalah kalian, itu bukan konsumsi publik. kepercayaan, ngga perlu stalking dia kemana-mana, dan yg terakhir, komitmen. ini yg paling penting untuk dibangun dalam hubungan, komitmen itu artinya, "ngga peduli kamu tambah gemuk, ngga peduli kamu ngeselin, ngga peduli kamu makin tua, aku tetap mencintai, menyayangi kamu, dan tetap disamping kamu"  itu kuncinya,
jika menjalani hubungan cuma untuk status, terus gaya gayaan. mending ngga usah bawa-bawa cinta deh.
"aku cinta kamu selamanya" selamanya dalam artian sampe dapat yg baru. itu cinta?
pikirkan sendiri teman.
boleh kalian pacaran untuk seneng seneng tapi ya itu, berencana untuk bersenang-senang bersama dia terus. ngga karena bosan, tinggalin.
kecuali, ya kaya gue ini :)
jika memang dia terlalu sering menyakiti hati, egois, ngga pengertian, pokonya yg udah gue tulis diatas tadi, jika memang berpisah lebih baik,.. yaa... :)

gue gagal, tapi gue kok ngajarin kalian ya?
itu semua kesalahan gue terdahulu. :)
gue sedang dalam masa belajar dari semua itu. selagi masih baik-baik dengan pacar kalian teman, coba deh belajar dari setiap kegagalan kegagalan gue. Insya ALLAH, hubungan kalian ngga kaya gue ntar... :)

pahitnya yg udah gue telan, kerasnya masa kecil, patah hati berkali kali dan semua pil pahit itu.
gue share bukan untuk pamer, gue ingin teman-teman jadi lebih bersyukur jika hidup kalian ngga kaya gue, :)
dan jika ada yg merasa pernah punya pengalaman yg kaya gue, atau mungkin lebih pahit, :)
bersyukur juga, Loe ngga sendiri. masih banyak kok yg kaya kita, dan kaya gue bilang tadi ada yg lebih pahit  malah. ngga boleh ngeluh ya teman?
gue pernah baca twit "hidup ini keras! batu yg benda mati aja keras, apalagi hidup"

inilah sepenggal cerita gue malam ini.
semoga yg udah lama pengen baca tulisan gue bisa ambil hikmahnya, untuk gue pribadi, dan kalian semua yg udah baca ini. :)

Teuku Kemal Rianda
Sabtu 1 September 2012, 11.56 PM

0 komentar:

Posting Komentar