Hidden hope, between fireworks

by 22.12 0 komentar
Seperti biasanya, hampir selalu... sebelum tidur, gue dan Ecy telponan via line...

“sayang, bentar lagi tahun baru ya? Udah mau bulan November aja nih”
“iya ya, oh iya? Baby tau apa?
Tadi kan Ecy ngumpul bareng tempat ijo, katanya tahun baru harus sama mereka, orang itu bilang boleh bawa pasangan masing-masing, pokonya Ecy harus ngumpul sama merekaaa”
“oh iya udah sayang, kita gabung aja... oh iya, tahun lalu kamu dimana emang tahun baruannya?”
“Ecy di simpang lima, sama anak pertambangan”
“Kemal dekat kali berarti ya sama kamu sebenarnya...
Kemal di lampu merah depan Pizza loh, sendirian kaya anak hilang, mau hubungi temen yang lain sinyalnya ancur”
“kasian ayang Ecy, kamu tau ngga pas tahun baru itu kan Ecy masih jomblo
Ecy make a wish biar dapat pacar, malah Ecy ada bilang kan ‘coba aja ada yang nembak aku malam ini’ ke temen Ecy anak pertambangan, terus orang itu heboh gitu, tapi ngga ada yang berani”
“emangnya kalo ada yang nembak kamu, kamu terima?”
“hehehe... ngga juga sih, ngga ada yang Ecy suka”
“kalo kemal yang nembak kamu malam itu gimana?”
“kan belum kenal kitaaaaa”
“oh iyaaaa sayang...”

Kira kira begitulah percakapan gue sama Ecy saat membunuh malam saat itu.
percakapan itu buat gue keingat saat malam itu, gue juga melakukan hal yg sama...
Membuat Permohonan, tapi sepertinya lebih tepat disebut... membisikkan harapan. 

**********

Desember 2012...
“kem, tahun baru ikut anak kelas pas SMA bakar-bakar yuk? Sekalian reunian”
“hm bakar apa? Bakar rumah? Seru tuh”
“ih? Apaan sih? Bakar ayam lah! Ikan juga ada kayanya.”
“iya iya... boleh, gue ikut, ntar kabari aja dimana dan berapa kumpul uangnya.”
‘jadi, tahun baru kali ini gue, tahun baru bareng anak kelas ya? Baiklah, lagi pula lainnya belum ada kabar... ’ pikir gue.
Dan setelahnya, mulai berdatangan ajakan untuk keluar bareng untuk tahun baruan di pusat kota, ada beberapa gue tolak dan cuma satu yang gue terima, dari Apis. 
“oke, gue ntar telat tapi ya
 Soalnya gabung sama anak SMA dulu, ntar kabari aja kumpul dimana...” [send]

Ngga berapa lama masuk balasan lagi.
“okelah mal, kumpul ya tempat biasa, rumah yanang.”
 “baiklah” [send]  gue mengakhiri percakapan.
‘apa bedanya tahun baru kali ini?’ pikir gue.
**********

Malam tahun baru...

Malam yang ditunggupun tibaaaaaa, namun semesta kayanya candain gue lagi, hujan ngga reda-reda dari sore, ntah gimana ntar gue ke acara bareng anak SMA... ngga dateng, rugi duit. Baiklah
Gue pun bermotivasi untuk SMS sang ketua panitia acara. Ya... sang Ketua Kelas pas gue SMA dulu.

“ane ngga tau rumahnya nih dengan hujan lagi,
ente jam berapa gerak kesana? Pergi bareng aja” [send]

“jam 8 lewat ane kerumah ente ya,
kalopun masih hujan kita bermantel ria!” balasan SMS Sang Ketua Kelas yang masuk ke hape gue.

‘ck, parah nih tahun baru... hujannya ngga reda-reda. Galau anak muda mau keluar...’ gue kembali ngomong sendiri

“hahaha bisa tuh, seru juga bermantel ria kita. Baiklah ane tunggu ya” [send]
Percakapan terhenti sampai disana.

Singkat cerita, setelah menerobos hujan dan barbequean bareng temen kelas SMA, mulai dari bakar ayam, bakar kandangnya, hingga bakar rumah,.. ngga. Becanda kok.
pergantian tahun tinggal dalam hitungan menit, hujanpun udah reda.., namun rasa rindunya gue sama tingkah temen SMA masih belum habis... gue putuskan menunggu beberapa menit lagi untuk menghabiskan tawa yang lama hilang, setelah gue rasa cukup...

“eh, yaudah kalo gitu, Gue balik duluan ya... ada janji tempat lain lagi” gue mengakhiri pembicaraan

Gue pun melipat mantel yang gue jemur di motor dan kembali berpamitan dengan mereka semua.
well... temen yang kita dapat saat masa-masa SMA itu, menurut gue mereka ngga layak di panggil teman, melainkan. Keluarga.

Jam udah menunjukkan pukul 00.10 dan... ya gue telat, sepanjang jalan yang gue lalui penuh, padat, apalagi kalo bukan macet? Gue mulai ngedumel sendiri. Suara letusan kembang api udah daritadi memecah heningnya langit malam, di genangan air sisa hujan tadi, terlihat pantulan letusan tiap letusannya. Ya... hal ini yang seharusnya gue saksikan bareng temen-temen sekarang, tapi gue masih stuck di kemacetan yang ntah kapan selesainya..

Gue mutar otak nyari jalan tikus untuk bisa nyampe lebih cepat, dan berhasil! Kemacetan udah dibelakang gue, namun... ternyata ngga bertahan lama, tepat di lorong sebelah rumah yanang, ada orang yang parkir mobilnya terus main ditinggal aja. Orang kaya gitu pantasnya diapain sih? Parkir mobil dilorong yg lebarnya mentok satu mobil? Karena satu manusia itu, gue dan puluhan manusia-manusia lainnya. Stuck.
malam tahun baru kali ini semesta menjodohkan gue dengan kemacetan, ntah itu macet di jalan dan di segi ehem! Keuangan.
**********

Karena ngga sanggup lagi nunggu, gue nyari jalan keluar dari itu lorong, gue putuskan ngga langsung kerumah yanang, karena juga mereka pasti ngga liat kembang api disana,

“halo! Kalian dimana?” gue telpon yanang
“ak uk d i si m pa nn gg l iii ma nii ” suara yanang putus-putus kaya gaya pacaran abege labil
“hah? Yaudah aku kesana” gue mengakhiri panggilan. Terserah deh dia ngerti apa ngga.

Dan ternyata banyak jalan yang di tutup sama polantas! Watdefak.
peduli amat, gue parkir motor di samping trotoar dan milih jalan kaki kesana, lumayan juga 100 meter dengan ditambah rintangan benteng takeshi, gimana ngga? Hampir tiap 10 meter ada yang bakar kembang api yang ngga nyante ukurannya. 

Setelah berhasil melewati rintangan demi rintangan tanpa luka bakar sedikitpun, Cuma kuping rada budeg. Gue sampai di tempat tujuan, dan berbagai macam manusia yang ngga pernah gue lihat sebelumnya ada disana.
“Ini sebenarnya dimana sih?” gue kehilangan cara berpikir

Ngga lama setelahnya gue sadar dari kebengongan (bahasa apaa lagi ini kebengongan)

“harus telpon yanang nih” pikir gue
“halo! Nang? depan lampu merah nih! Kalian dimana?”
“akkkkku diii ” suara yanang di telpon lebih parah dari yang tadi
[tut] gue mengakhiri panggilan.

Gue coba telpon lagi, dan... gagal. Ngga masuk sepertinya lalu lintas jaringan juga terlalu padat di sana. Ya... macet lagi dalangnya

Sejenak gue perhatikan sekitar...
Cuma gue yang sendirian, baiklah... gue hiraukan keadaan gue saat itu, dan mulai menikmati letusan serta tarian kembang api yang tepat diatas gue, tanggal sudah berganti menjadi 1 Januari 2013, seraya mendongakkan kepala sedikit gue berbicara dalam hati...
“apa yang bisa gue ubah di tahun ini?
udah banyak yang berubah di tahun lalu, begitu juga yang hilang... hilang, memang ngga ada penggantinya,
ya, baiklah ngga salah deh kayanya kalo berharap tahun ini ada yang hadir jadi tempat untuk berbagi kebahagiaan. Karena ternyata berbahagia sendirian itu ngga membahagiakan sama sekali...”
**********

Dan memang... gue ngga melakukan hal itu sendirian, banyak orang yang juga membisikkan harapannya didalam hati pada malam itu, salah satunya Ecy... gue ngga begitu tau apa harapan yang Ecy bisikkan saat itu, ntah itu sama dengan gue... atau mungkin jauh berbeda. Tapi ya seperti biasanya... setidaknya meskipun kami belum pernah bertemu saat itu, semesta sudah mendengar harapan-harapan kami, diantara letusan kembang api yang terus memecah heningnya hari pertama di bulan Januari itu.

Dan setelah semesta mempertemukan kami, hingga kami masih bersama sampai sekarang... Ecy adalah gadis pemimpi yang luar biasa... dan hingga sekarang  gue belum bisa mewujudkan salah satu mimpinya untuk bisa pergi ke tempat-tempat indah yang ada di dunia, tapi meskipun begitu... paling tidak gue bisa menunjukkan satu tempat indah melalui tulisan-tulisan gue untuk dia. Yang dimana tulisan itu itu berisikan gambaran, tempat yang indah itu adalah dimana saja... saat gue bersamanya. Ya dia... gadis yang menjadi pemeran utama dalam cerita ini.

0 komentar:

Posting Komentar